Erupsi Gunung Semeru, Viral Video Warga Berhamburan Selamatkan Diri

Kompas.com - 04/12/2021, 17:25 WIB
Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang. TWITTERGunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang.

KOMPAS.com - Terjadi erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) sore ini.

Kasubbid Mitigasi Bencana Gunung Api wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto mengatakan, erupsi yang terjadi berupa awan panas guguran.

"Berupa awan panas guguran. Diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13:30 WIB," ujar Kristianto saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

"Pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut, awan panas guguran mengarah ke Besuk Kobokan dan hingga saat ini masih berlangsung," tambahnya.

Adapun pada Jumat (3/12/2021), PVMBG memberikan update status kondisi Gunung Semeru pada Level 2 yang artinya waspada.

Letusan gunung Semeru kali ini juga ramai diperbincangkan warganet di media sosial Twitter.

Beberapa unggahan menampilkan video detik-detik terjadinya erupsi.

Terlihat kepulan asap begitu besar di sekitar gunung. Dalam video itu juga, banyak anak-anak di satu daerah berlarian menjauhi lokasi.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Mengutip KompasTV, Warga sekitar Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, menyelamatkan diri setelah gunung api tersebut erupsi.

Kepulan asap pekat yang besar dan tinggi membuat warga panik sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan mengungsi untuk sementara waktu.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.