6 Bahan Alami Ini Bisa Dimanfaatkan Jadi Pupuk Tanaman

Kompas.com - 04/12/2021, 10:45 WIB
Cangkang telur untuk pupuk alami Unsplash/Caroline AttwoodCangkang telur untuk pupuk alami

KOMPAS.com - Pupuk sering digunakan untuk membantu tanaman tumbuh sehat dan subur. Tentu saja, pupuk bukan satu-satunya faktor penentu tanaman bisa tumbuh subur.

Sebut saja kebutuhan sinar Matahari yang cukup, frekuensi penyiraman, serta medium tanah yang digunakan. Nah, pada tanah inilah, pupuk digunakan untuk tanaman.

Tujuan penggunaan pupuk ialah untuk mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan ke dalam tanah, tetapi dapat menjadi sesuatu yang keras bagi tanaman.

Ada dua jenis pupuk yang umum digunakan, yakni pupuk kimia dan pupuk alami. Pupuk kimia diantara ZA, urea, dan NPK. Pupuk ini memiliki dampak positif yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman.

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Pupuk untuk Menyuburkan Tanaman

Hanya saja, ada dampak negatifnya juga. Misalnya tanah bisa menjadi keras dan bisa berdampak ke pencemaran air.

Sebagai alternatif pilihan Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan pupuk. Dilansir dari Bobvila via Kompas.com, berikut ini adalah enam bahan alami yang dapat dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanaman dan taman:

1. Abu kayu bakar

Ilustrasi abu kayuUnsplash/Artiom Vallat Ilustrasi abu kayu

Bahan alami yang pertama adalah abu kayu bakar. Memiliki kandungan alkali yang tinggi membuat abu kayu bakar baik digunakan untuk menetralkan tanah asam.

Untuk menentukan apakah tanah Anda dapat memperoleh manfaat dari aplikasi abu kayu, pertama-tama belilah alat uji pH di pusat taman mana pun dan uji sampel kecil tanah dari bedeng kebun Anda.

Setelah itu, pastikan abu benar-benar dingin saat disentuh sebelum menambahkan abu kayu ke taman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.