Kompas.com - 19/09/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi tanaman bunga anggrek di dalam ruangan. PIXABAY/RAINERBERNSPIXABAY/RAINERBERNSIlustrasi tanaman bunga anggrek di dalam ruangan.

KOMPAS.com - Seperti tanaman lainnya, Anggrek juga memerlukan pupuk sebagai material tambahan supaya bisa tumbuh lebih baik.

Pupuk juga berperan penting untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman anggrek, sehingga menunjang pertumbuhannya.

Tak melulu kimia, kamu bisa memupuk Anggrek dengan pupuk alami yang lebih aman. Bahkan kamu juga bisa membuat pupuk alami sendiri di rumah.

Baca juga: Pupuk Alami untuk Anggrek, Bisa Merangsang Pertumbuhan Akar dan Tunas

Sebelum membuatnya, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan bahan-bahan pupuk alami untuk anggrek di antaranya sebagai berikut:

  1. Air cucian beras (sekitar 1 liter)
  2. Kulit bawang merah (sekitar 5-7 siung)
  3. Kulit bawang putih

Membuat pupuk alami untuk Anggrek

Untuk membuat pupuk alami ikuti langkah-langkah berikut:

  • Campur air cucian beras dengan kulit bawang merah dan bawang putih

Letakkan air cucian beras ke dalam sebuah wadah, bisa menggunakan baskom atau ember. Setelah itu masukkan kulit bawang merah dan bawang putih ke dalam air cucian beras. Kemudian aduk campuran tersebut selama beberapa saat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Diamkan selama satu malam

Selanjutnya, air cucian beras yang telah dicampur kulit bawang merah dan bawang putih perlu didiamkan semalaman, agar semua kandungan dari kedua jenis bawang keluar.

Kulit bawang merah memiliki kandungan potasium atau kalium, magnesium, fosfor, zat besi, hingga nitrogen dalam jumlah yang minim.

Di sisi lain, kulit bawang putih juga memiliki banyak kandungan seperti hormon auksin dan giberelin yang merupakan hormon pertumbuhan, serta zat antioksidan dan antimikroba yang bisa dijadikan sebagai pestisida organik.

Baca juga: Catat, 5 Kesalahan Umum Merawat Anggrek di Dalam Ruangan

Ilustrasi bunga anggrek. SHUTTERSTOCK/SVF74 Ilustrasi bunga anggrek.

  • Saring air cucian beras campuran kulit bawang merah dan bawang putih

Setelah didiamkan semalaman, saring air cucian beras menggunakan saringan minyak, agar kulit bawang merah dan kulit bawang putih terpisahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.