Daftar 31 Negara yang Sudah Laporkan Kasus Varian Omicron

Kompas.com - 04/12/2021, 06:40 WIB
Ilustrasi virus corona varian Omicron. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAIlustrasi virus corona varian Omicron.

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona varian Omicron semakin meluas. Kasus virus corona varian baru ini dilaporkan sudah terjadi di berbagai negara di dunia.

Covid-19 varian Omicron merupakan varian baru virus corona yang pertama kali terdeteksi di Botswana dan telah menjadi perhatian masyarakat dan ilmuwan baru-baru ini.

Oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), varian Omicron langsung dikategorikan sebagai Variant of Concern (VoC). VoC adalah varian virus corona yang bisa menyebabkan peningkatan penularan dan angka kematian akibat Covid-19. VoC juga merupakan varian dengan dua komponen VoI.

Baca juga: Varian Omicron Sudah Menyebar di 30 Negara, Ini Daftarnya

Berangkat dari hal tersebut, para ilmuwan mewaspadai kemungkinan varian ini lebih menular daripada virus corona biasa.

Mengutip berita Kompas.com yang melansir Mint, per Kamis (2/12/2021), sudah ada 30 negara yang melaporkan temuan kasus Covid-19 varian Omicron.

Kemudian pada Jumat (3/12/2021), terkonfirmasi bahwa dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, sudah melaporkan adanya kasus positif Covid-19 varian Omicron di negaranya.

Di Singapura, terkonfirmasi ada dua kasus virus corona Omicron. Dua orang pasien yang terkonfirmasi positif corona varian Omicron itu tengah dirawat di di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Diketahui kedua pasien tersebut tiba di Singapura pada Rabu (1/12/2021) dari Johannesburg, Afrika Selatan, menaiki maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 479.

Sementara di Malaysia, Kementerian Kesehatan setempat telah mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Malaysia, Jumat (3/12/2021). 

Mengutip akun resmi Twitter Kemenkes Malaysia, kasus pertama Omicron ini ditemukan setelah melakukan uji genome sequencing pada 74 sampel positif Covid-19 periode 11-28 November 2021.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.