Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengusir Kelabang di Sekitar Rumah

Kompas.com - 21/11/2021, 06:33 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Kelabang adalah salah satu hewan yang bisa mengganggu penghuni rumah, bahkan hewan ini juga berbahaya jika dalam jumlah yang banyak.

Kelabang hidup di tempat yang lembap dengan lingkungan yang gelap.

Melansir dari Tips Bulletin, Selasa (16/11/2021), kelabang diketahui mulai masuk ke rumah Anda karena di dalamnya menyediakan banyak area gelap dan lembap bagi mereka untuk hidup sepanjang tahun.

Jika Anda pernah melihat satu kelabang di rumah Anda, ada lebih banyak lagi yang bersembunyi di sekitar rumah Anda dan melihat kelabang baru setiap hari.

Berikut ini cara mengusir kelabang agar tidak kembali lagi di sekitar rumah Anda:

Gunakan perangkap lengket

Beli perangkap lengket di toko perangkat keras terdekat dan letakkan di sepanjang alas tiang atau di dekat sudut dan celah kecil.

Namun, perangkap ini kurang efektif pada kelabang yang lebih besar karena mereka dapat melarikan diri dengan meninggalkan beberapa kaki di belakang.

Baca juga: Cara Membasmi Kelabang di Dalam Rumah

Di sisi lain, perangkap juga berfungsi untuk menangkap hama rumah tangga lainnya. Gunakan perangkap ini untuk membunuh gegat, semut, kecoak, dan laba-laba juga.

Gunakan insektisida buatan sendiri

Asam borat adalah alat pembunuh serangga yang kuat. Ketika serangga yang ditargetkan memakan asam, itu meracuni mereka dan menyebabkan sistem pencernaan mereka mati. Reaksi ini membuat mereka mati kelaparan.

Asam borat juga merusak eksoskeleton mereka, menyebabkan dehidrasi parah. Untuk membuatnya, gunakan masker pelindung agar terhindar dari partikel bubuk asam borat.

Isi botol semprot atau penyemprot pekarangan dengan boraks dan air dalam jumlah yang sama dan kocok hingga tercampur. Semprotkan larutan pada area yang bermasalah atau di sekitar rumah Anda di celah-celah atau celah-celah.

Semprotan alami

Sabun cuci piring adalah bahan yang lebih alami yang digunakan untuk membunuh kelabang rumah. Setelah serangga melakukan kontak, sabun mulai mengeringkannya sampai mati.

Untuk cara alami menghilangkan kelabang, campurkan 3,5 liter air hangat dengan dua sendok makan sabun cuci piring cair dalam botol semprot.

Cobalah untuk tidak membuat terlalu banyak busa. Semprotkan larutan di sepanjang celah dan sudut yang gelap. Terapkan kembali setiap beberapa hari untuk memastikan serangga telah bersentuhan dengan semprotan.

Membuat penghalang

Kelabang bekerja dari luar ke dalam, artinya jika Anda membuat penghalang di sekitar rumah Anda, Anda secara drastis mengurangi kemungkinan mereka memasuki rumah Anda dan harus memanggil kontrol kelabang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com