Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna untuk Kamar Tidur Menurut Filosofi Feng Shui

Kompas.com - 30/10/2021, 11:30 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

 

KOMPAS.com - Kamar tidur seharusnya dapat dibuat menjadi lebih nyaman agar tidur nyenyak. Salah satunya dengan memilih warna pada ruangan.

Dalam filosofi feng shui, banyak faktor yang menentukan keseluruhan nuansa ruangan, salah satunya warna.

Ada beberapa warna yang mampu memberikan ketenangan di kamar tidur dan membuat Anda dapat beristirahat dengan nyaman.

Dilansir dari Mind Body Green, Jumat (29/10/2021), berikut penjelasan mengenai warna yang menenangkan di kamar tidur menurut feng shui.

Warna keberuntungan

Merah adalah warna yang paling menguntungkan dalam feng shui, karena sangat berapi-api, penuh gairah, dan menguatkan kehidupan.

"Konon, merah adalah warna yang sangat kuat, jadi Anda tidak perlu menggunakannya banyak-banyak," kata Anjie Cho, seorang arsitek dan pendidik feng shui.

"Ini bisa sangat berlebihan, jadi bahkan sedikit warna merah di ruangan Anda, seperti bantal beraksen atau karya seni, bisa membuat pernyataan besar," imbuhnya.

Apakah ada warna sial dalam feng shui?

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan

Tidak ada warna yang benar-benar terlarang dalam feng shui. Akan tetapi, beberapa warna bisa menjadi masalah tergantung bagaimana Anda menggunakannya.

Karena beberapa warna dikaitkan dengan energi tertentu, Anda pasti berpikir bahwa penggunaannya harus berhati-hati. Rebecca West, pelatih psikologi desain, desainer interior, dan penulis Happy Starts at Home, memberikan contoh.

"Oranye mungkin digunakan dengan baik di ruang keluarga tempat Anda ingin mempromosikan interaksi sosial dan perasaan yang hidup dan menyenangkan, tetapi mungkin bertentangan dengan tujuan Anda di ruangan yang tenang yang dimaksudkan untuk refleksi, seperti sebuah kamar tidur," sebut West.

Dengan kata lain, sementara warna fluoresen yang cerah mungkin tidak "buruk" secara inheren dalam feng shui, itu tidak berarti itu termasuk dalam ruang tidur Anda.

Lantas, warna apa yang baik untuk di kamar?

Jika Anda ingin membawa palet yang lebih menenangkan ke kamar tidur, menggunakan nuansa yang Anda temukan di alam adalah pilihan terbaik. Ini termasuk warna hijau bersahaja, biru langit, dan cokelat yang halus.

"Nada bumi diturunkan, dan memberikan penyembuhan dan dukungan. Pikirkan tentang bumi, ada untuk mendukung kita. Ini dapat diandalkan dan memberi kita rasa stabilitas dan landasan. Itu sangat penting, terutama di zaman sekarang ini ketika kita begitu memikirkannya," terang Cho.

Untuk memulai, cobalah untuk menggunakan warna yang lebih bersahaja ke area tepat di seberang tempat tidur karena itu mungkin yang terakhir Anda lihat sebelum menutup mata untuk tertidur.

Anda dapat membawanya dengan lapisan cat baru, tetapi juga dengan aksen, aksesori, dan benda seni yang lebih kecil.

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Bagaimana Anda menggabungkan warna juga penting

"Dalam feng shui, ini bukan tentang satu warna tertentu dan lebih banyak tentang keseimbangan warna dan elemen dalam sebuah ruangan," kata West.

"Pilihan warna terbaik adalah yang mempromosikan perasaan keseimbangan, kesehatan, dan kebugaran pada pengguna," imbuhnya.

Adapun menurut Cho, salah satu kombinasi yang terinspirasi dari bumi yang hampir pasti membawa ketenangan adalah cokelat lembut dan hijau yang lembut karena meniru skema warna pohon.

(Sumber: Kompas.com Penulis Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com