Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama BRI, BNI, dan BCA

Kompas.com - 24/10/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi kartu ATM Shutterstock.comIlustrasi kartu ATM

KOMPAS.com - Para nasabah bank di Indonesia sudah harus menukar kartu ATM lamanya atau kartu ATM strip magnetik menjadi kartu ATM berbasis cip.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan aturan mengenai kartu ATM atau kartu debit dengan teknologi chp.

Kebijakan tersebut tertulis dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM atau Kartu Debit yang Diterbitkan di Indonesia.

Berdasarkan kebijakan tersebut, penerbit (bank) wajib menerbitkan kartu ATM atau kartu debit dengan menggunakan standar nasional berteknologi cip dan PIN online enam digit secara bertahap.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (20/10/2021), berikut ini jadwal pemblokiran kartu ATM BRI, BRI, dan BCA.

Baca juga: Kartu ATM BCA Magnetik Diblokir Mulai Desember 2021, Ini Cara Gantinya

1. BNI

Dilansir dari laman resmi BNI melalui KOMPAS.com, BNI telah mengimbau kepada para nasabah yang masih menggunakan kartu ATM strip magnetik agar segera menukarnya dengan Kartu ATM cip.

BNI telah memberikan sosialisasi kepada nasabahnya melalui website, media sosial, pengumuman di kantor cabang, dan mesin ATM BNI.

Selain itu, BNI juga telah memberi informasi langsung kepada para nasabah melalui email, WA, SMS blast sejak akhir tahun 2020 hingga September 2021.

Batas waktu penggantian kartu ATM BNI magnetic stripe menjadi kartu ATM berbasis cip adalah 30 November 2021. Jika melewati batas waktu tersebut, pihak BNI akan memblokir kartu ATM lama.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.