Kartu ATM BCA Magnetik Diblokir Mulai Desember 2021, Ini Cara Gantinya

Kompas.com - 16/10/2021, 21:44 WIB
Ilustrasi BCA. SHUTTERSTOCKIlustrasi BCA.

KOMPAS.com - Kartu debit atau kartu ATM BCA lama berbasis strip magnetik akan segera diblokir. Nasabah BCA harus telah menggunakan kartu ATM berbasis cip mulai 1 Desember 2021.

Oleh sebab itu, saat ini PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mengimbau kepada para nasabahnya agar segera mengganti kartu debit atau kartu ATM berbasis strip magnetik menjadi kartu ATM BCA berbasis cip.

Adapun penggantian dari kartu ATM BCA lama menjadi kartu ATM berbasis cip telah sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 17/52/DKSP, yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis cip pada akhir 2021.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (15/10/2021), Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, BCA mulai memblokir penggunaan kartu ATM strip magnetik pada 1 Desember 2021.

Sebelumnya, pemblokiran kartu ATM BCA lama akan dilakukan pada 1 Januari 2022, namun rencana tersebut dipercepat selama satu bulan.

Baca juga: Video Viral Pria Kembalikan Uang yang Tertinggal di ATM, Ini Kata BRI

“Kami mengajak nasabah untuk segera melakukan penggantian, karena per 1 Desember 2021, kartu debit non chip akan otomatis terblokir dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi lagi,” ujar Hera.

Hera mengungkapkan, hingga September 2021, 13 persen dari 21,6 juta nasabah BCA yang belum beralih ke kartu debit berbasis cip.

Hera menjelaskan, terdapat dua cara yang bisa digunakan nasabah untuk mengganti kartu ATM BCA lama menjadi kartu ATM BCA berbasis cip, yakni dengan menghubungi Halo BCA atau melalui mesin CS Digital.

“Halo BCA dapat dihubungi dengan mudah melalui Halo BCA Apps atau melalui nomor 1500888,” terangnya.

Sementara itu, kartu debit berbasis magnetik juga dapat diganti melalui mesin CS Digital dengan cara berikut:

Baca juga: Ramai soal Mesin ATM Pecahan Rp 20.000, Masih Ada Berapa Jumlahnya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.