Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Melangsingkan Perut Buncit dengan Pisang?

Selain murah dan mudah didapatkan di segala musim, pisang ternyata bisa bermanfaat meluruhkan lemak dan menurunkan berat badan.

Mengutip dari Everyday Health, pisang adalah jenis superfood yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

Kandungan nutrisi di dalam pisang bisa digunakan untuk memberi pasokan kalori pada tubuh sehingga Anda tak perlu mengonsumsi terlalu banyak makanan, menstabilkan glukosa dalam darah, juga menurunkan potensi stroke pada wanita.

Selain itu, superfood ini juga efektif digunakan menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak pada perut buncit Anda.

Dilansir dari Eatthis, berikut ini khasiat pisang untuk diet sehingga mampu mengurangi lemak pada perut buncit menurut para ahli gizi dan pakar diet.

1. Pemasok serat terbaik

Serat adalah properti penting dalam usaha menurunkan berat badan. Dan pisang adalah buah yang tinggi serat yang bisa mendukung program diet Anda.

Serat dalam pisang membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga kita tak akan banyak makan dan bisa berimbas pada berkurangnya lemak pada perut buncit.

Dengan mengonsumsi pisang rutin setiap hari, perut akan terisi serat yang cukup sehingga Anda tak mudah merasa lapar.

Di dalam perut, serat adalah komposisi makanan yang paling lama dicerna oleh usus. Sehingga ketika perut terisi pisang, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

2. Mencegah keinginan makan karena stres

Ketika kita stres karena bekerja terlalu berat atau memikirkan banyak masalah, maka hormon kortisol akan keluar. Ketika hormon ini keluar, tubuh akan cenderung menuntut makanan dengan kadar gula tinggi.

Saat kita stres, tubuh justru akan semakin bertambah gemuk karena kita akan selalu berburu kudapan manis yang kaya glukosa.

Dengan mengonsumsi pisang, hal ini bisa diatasi.

Magnesium dalam pisang bisa mengontrol hormon stres yang keluar sekaligus membuat perut kenyang lebih lama. Imbasnya, tubuh tak akan terlalu banyak berburu sajian manis.

3. Pisang meningkatkan flora usus kita

Flora usus atau mikrobiota usus adalah mikroorganisme termasuk bakteri yang hidup di saluran cerna kita yang bisa melancarkan proses pencernaan.

Pisang bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus sehingga bisa melancarkan proses pencernaan dan mengurangi timbunan lemak pada perut buncit.

Ketika Anda ingin menjalankan program diet dan mereduksi lemak perut buncit, yang harus Anda perhatikan adalah keseimbangan flora usus ini.

Dan pisang, adalah buah yang bisa digunakan meningkatkan bakteri baik pada usus dan menyiapkan tubuh untuk kehilangan beberapa kilogram berat badan.

Menurut Kate Netz, RDN, LD, pisang kaya akan serat probiotik yang bisa menambah jumlah bifidobacteria, bakteri baik yang bisa membantu meluruhkan lemak perut.

4. Mengandung potasium yang lancarkan olahraga

Untuk mereduksi perut buncit Anda membutuhkan olahraga rutin. Namun sayang, kebanyakan orang tak maksimal dalam berolahraga karena gangguan kram otot.

Kram otot sendiri terjadi karena elektrolit di dalam tubuh tak seimbang. Nah pisang, bisa digunakan mengatasi hal ini.

Properti potasium tinggi dalam pisang bisa menyeimbangkan elektrolit tubuh sehingga kram otot tak akan terjadi selama kita berolahraga.

Untuk digunakan mereduksi lemak perut dan menurunkan berat badan, konsumsilah pisang secara rutin setiap hari, terutama ketika Anda akan berolahraga.

5. Meningkatkan kepekaan insulin

Meski pisang mengandung glukosa, namun buah ini justru bisa meningkatkan kepekaan insulin pada orang-orang yang tidak mengidap diebetes.

Ketika kepekaan insulin meningkat, maka tubuh akan merombak glukosa secara lebih maksimal sehingga tak akan ada lagi penumpukan kalori berlebihan yang bisa menambah keparahan perut buncit.

Memilih pisang untuk melangsingkan perut buncit

Untuk lebih maksimal melunturkan lemak perut yang buncit, konsumsilah pisang yang belum begitu matang.

Pisang yang belum begitu matang mengandung amilum lebih banyak dan glukosa lebih sedikit dibanding pisang yang sudah matang sempurna.

Selain meminimalkan penyerapan gula, amilum dalam pisang yang belum matang benar ini akan bekerja seperti serat.

Membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Inten Esti Pratiwi)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/11/27/083100281/bisakah-melangsingkan-perut-buncit-dengan-pisang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke