Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Meluncurkan Serangan Drone ke Arah Israel

Kompas.com - 14/04/2024, 04:31 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Editor

KOMPAS.com - Iran telah meluncurkan puluhan drone ke arah Israel, menurut juru bicara Pasukan Pertahanan Israel Daniel Hagari.

Pihaknya mengatakan ancaman tersebut akan memakan waktu beberapa jam untuk sampai di Israel.

“Iran meluncurkan UAV dari wilayahnya menuju wilayah negara Israel,” kata juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, pada Sabtu malam dikutip dari Aljazeera.

“Kami berada dalam kewaspadaan dan kesiapan yang tinggi,” tambahnya, berbicara dalam pidato yang disiarkan televisi.

Pihaknya mengatakan bahwa drone tersebut akan memakan waktu beberapa jam sebelum mencapai wilayah udara Israel.

Israel telah meningkatkan kewaspadaannya sejak serangannya di Damaskus pada tanggal 1 April, meskipun Israel tidak mengomentari serangan tersebut. Iran bersumpah akan membalas dendam dan serangan balasan diperkirakan akan terjadi.

Baca juga: Saat Israel Berada di Ambang Serangan Balasan Iran...

Sementara itu, analis politik dan urusan global CNN, Barak Ravid, juga mengatakan Iran telah melancarkan serangan menggunakan puluhan drone, mengutip empat pejabat AS dan Israel.

Iran telah melancarkan serangan terhadap Israel yang “kemungkinan akan terjadi dalam beberapa jam,” menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat Adrienne Watson.

“Presiden Biden secara rutin mendapat informasi terkini mengenai situasi ini oleh tim keamanan nasionalnya dan akan bertemu dengan mereka sore ini di Gedung Putih,” kata Watson.

Selain itu, tim tersebut “terus berkomunikasi dengan para pejabat Israel serta mitra dan sekutu lainnya,” bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Sejumlah Maskapai Penerbangan Putuskan Hindari Wilayah Udara Iran, Apa Alasannya?

Iran konfirmasi luncurkan drone ke Israel

Sementara itu, media pemerintah Iran mengonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak balasan telah diluncurkan terhadap sasaran di Israel.

Menurut Press TV Iran, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) “telah melancarkan serangan drone secara ekstensif terhadap sasaran di wilayah pendudukan,” sebuah istilah yang digunakan Iran untuk menggambarkan Israel.

Pernyataan IRGC juga dibacakan di TV pemerintah Iran.

“Menanggapi kejahatan rezim Zionis dalam menyerang bagian konsuler kedutaan Iran di Damaskus, angkatan udara IRGC menyerang sasaran tertentu di wilayah rezim Zionis dengan puluhan drone dan rudal,” kata pernyataan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com