Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Mata Ceritakan Momen Jembatan Baltimore Runtuh: Mirip Gempa Besar dengan Suara Sekeras Petir

Kompas.com - 27/03/2024, 15:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.comJembatan Francis Scott Key yang berada di Sungai Patapsco, Kota Baltimore, Maryland, AS runtuh setelah kapal kargo menabrak salah satu tiang penyangganya pada Selasa (27/3/2024).

Diberitakan Al Jazeera, kecelakaan terjadi saat kapal bernama Dali dengan panjang 300 meter kehilangan kendali setelah kapal meninggalkan pelabuhan Baltimore pada Selasa pagi waktu setempat.

Seluruh 22 awak dan dua nahkoda di dalam kapal Dali diketahui keberadaannya dalam kondisi tanpa cedera.

Namun, enam dari delapan orang yang berada di jembatan pada saat tabrakan terjadi masih belum ditemukan. Mereka bagian dari kru konstruksi yang tengah bertugas mengisi lubang di jembatan.

Tabrakan ini menyebabkan jembatan sepanjang 2,6 km runtuh. Selain itu, perjalanan lebih dari 40 kapal tertunda karena masih berada di dalam pelabuhan Baltimore.

Baca juga: Jembatan Baltimore Runtuh Usai Ditabrak Kapal Kargo, 20 Korban Diduga Tenggelam


Cerita saksi mata jembatan runtuh

Sejumlah saksi mata runtuhnya jembatan di Baltimore menceritakan pengalamannya saat melihat kecelakaan tersebut.

Mengguncang rumah warga

Priscilla Thompson seorang warga yang tinggal di perairan Baltimore menyatakan jembatan yang runtuh menimbulkan guncangan pada rumahnya.

“Saya benar-benar mengira itu adalah gempa bumi atau semacamnya karena mengguncang rumah ini begitu parah,” kata dia, dikutip dari People.

Menurut Priscilla, guncangan tersebut terjadi selama empat atau lima detik. Setelahnya, keadaan tiba-tiba menjadi sunyi.

Seorang pensiunan kepala pemadam kebakaran Baltimore bernama Donald Heinbuch mengatakan rumahnya juga bergoyang saat kapal Dali membentur jembatan.

“Rasanya seperti gempa bumi atau seperti guntur yang menggelegar," ungkapnya.

Donald bercerita, tabrakan kapal membuat jembatan seperti diledakkan. Dia lalu bergegas menuju lokasi kejadian.

Mirip gempa besar

Seorang warga bernama Jon menceritakan, dia mendengar suara sekeras sambaran petir saat reruntuhan jembatan jatuh dan mengguncang rumahnya.

“Gempa bumi, terdengar seperti guntur yang besar. Dan seperti yang saya katakan, rasanya seperti gempa bumi, seluruh rumah bergetar. Seperti rumah saya runtuh," ujar dia, diberitakan CBS News.

Warga yang tinggal di Kota Baltimore selama 57 tahun tersebut menyatakan tidak pernah menyangka akan melihat Jembatan Francis Scott Key hilang.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com