Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Tidak Aktif Disebut Tetap Akan Mengeluarkan Status "Berdering" Saat Ditelepon, Ini Faktanya

Kompas.com - 22/03/2024, 12:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Informasi yang menyebut WhatsApp (WA) aktif maupun tidak aktif akan tetap menampilkan keterangan "berdering" atau "ringing" saat ditelepon, beredar di media sosial.

Sebelumnya, nomor WhatsApp yang sedang tidak aktif biasanya akan memuat keterangan "memanggil" atau "calling" jika ditelepon.

Klaim perubahan itu salah satunya diunggah oleh akun media sosial X (dulu Twitter) @tanyakanrl, Rabu (20/3/2024) siang.

Bukan lagi lewat tanda "berdering" atau "memanggil", pengguna disebut dapat membedakan aktif maupun tidaknya sebuah nomor dengan melihat ikon "orang" dan "plus (+)" di pojok kanan atas.

"Mau nomor kita aktif dan tidak aktif tetap BERDERING bacaannya tapi yg membedakan terhubung atau tidaknya itu di kanan atas ada tanda orang sama tambah, Kalo tidak ada tanda itu berarti Nomor WAnya tidak aktif," tulis unggahan.

Lantas, benarkah informasi tersebut?

Baca juga: Keluhan Instagram Eror Hari Ini, Akun Tiba-tiba Log Out dan Gagal Masuk


Nomor WhatsApp tidak aktif akan berstatus "memanggil"

Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber CISSREC Pratama Persadha mengatakan, informasi tentang nomor WhatsApp tidak aktif akan menampilkan status "berdering" saat ditelepon adalah tidak tepat.

"Mengetahui sebuah nomor WA aktif atau tidak pada saat ditelepon dengan melihat ada atau tidaknya ikon orang dan tanda + di pojok kanan atas termasuk kategori informasi yang kurang tepat," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Pratama menjelaskan, saat pengguna menelepon orang lain, WhatsApp awalnya akan memberikan status "memanggil".

Keterangan tersebut menandakan bahwa aplikasi WhatsApp sedang mencoba menghubungan dengan pemilik nomor.

Menurutnya, fase ini terjadi sebelum perangkat atau telepon milik pengguna lain mulai berdering atau bergetar tanda ada sebuah panggilan masuk.

"Jika nomor WA yang kita telepon masih aktif serta terhubung ke jaringan, maka informasi statusnya berubah menjadi 'berdering'," kata Pratama.

Dia melanjutkan, status atau keterangan tersebut memberi tahu pengguna bahwa telepon pihak lain sedang aktif dan terhubung ke jaringan, tetapi belum diangkat.

Sebaliknya, jika panggilan tetap menampilkan status "memanggil" dan tidak berubah ke "berdering", maka kemungkinan nomor tersebut tidak aktif.

Bisa juga nomor WhatsApp yang bersangkutan sedang tidak terhubung ke jaringan internet atau memblokir pengguna, sehingga panggilan tidak diteruskan.

Baca juga: Cara Aktifkan Kode Rahasia WhatsApp untuk Sembunyikan Pesan Penting

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com