Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ching Shih dan Cheng I, Pasangan Bajak Laut Paling Terkenal di Dunia

Kompas.com - 27/12/2023, 14:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Bajak laut merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut perampok atau bandit yang umumnya mengarungi lautan.

Biasanya bajak laut menargetkan kapal-kapal yang berlayar, namun ada beberapa yang juga melancarkan serangan ke kota-kota di pesisir.

Dikutip dari laman Encyclopedia Britannica, bajak laut adalah perampok yang melakukan perjalanan atau petualangan di lautan.

Istilah ini dapat diterapkan pada berbagai perilaku kriminal di laut, termasuk penjarahan di wilayah pesisir dan penyergapan kapal di lautan lepas.

Baca juga: 10 Bajak Laut Terkenal di Dunia yang Jadi Inspirasi Film


Kata pirates (bajak laut) berasal dari bahasa Yunani peirat?s yang berarti perampok atau bandit. Dan para bajak laut umumnya hidup di lautan lepas.

Wilayah Samudera Hindia dan Madagaskar sering kali menjadi tempat yang aman bagi bajak laut untuk tinggal, karena di luar hukum dan pemerintahan negara.

Bagi kebanyakan orang, istilah bajak laut memunculkan gambaran tentang apa yang disebut "zaman keemasan" pembajakan, abad ke-17 dan ke-18.

Periode tersebut berisi bajak laut legendaris seperti Blackbeard, Kapten Kidd, atau Sir Henry Morgan.

Namun jika berbicara soal pasangan bajak laut, mungkin belum ada yang bisa mengalahkan pasangan Ching Shih dan Cheng I.

Baca juga: Mengapa Lukisan Mona Lisa Bisa Sangat Terkenal? Berikut 5 Alasannya

Bajak laut Ching Shih dan Cheng I

Ilustrasi kapal bajak laut.iStockPhoto/JamesBrey Ilustrasi kapal bajak laut.

Salah satu bajak laut paling sukses dalam sejarah adalah seorang wanita bernama Ching Shih, yang juga dipanggil Cheng I Sao atau Zheng Yi Sao.

Dilansir dari laman History, Ching Shih adalah mantan pelacur Kanton yang menikah dengan seorang bajak laut kuat bernama Cheng I pada 1801. Karena itu dia kerap dipanggil Cheng I Sao yang berarti istri Cheng.

Pasangan suami-istri ini kemudian membentuk salah satu pasukan bajak laut paling tangguh di china, yang terdiri dari ratusan kapal dan sekitar 50.000 pasukan.

Bahkan, pasangan bajak laut ini mengonsolidasikan kontrol kelompok bajak laut saingan di wilayah tersebut menjadi sebuah konfederasi.

Baca juga: 5 Bajak Laut Paling Terkenal dalam Sejarah, Siapa Saja?

Mereka biasanya akan menyerang dan memangsa kapal penangkap ikan, kapal pengangkut barang, dan bahkan desa-desa pesisir di China Selatan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com