Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Masalah Kesehatan akibat Terlalu Banyak Minum Kopi Hitam Menurut Sains

Kompas.com - 14/11/2023, 06:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secangkir kopi hitam panas menjadi suguhan yang menyegarkan di pagi hari. 

Kebanyakan orang akan mengonsumsi kopi hitam yang hanya diseduh tanpa tambahan bahan seperti gula, susu, krim, atau perasa lain.

Meskipun rasanya sedikit pahit dibandingkan jika dibumbui dengan bahan tambahan, banyak orang menyukai secangkir kopi hitam yang kental.

Selain itu, kopi hitam tanpa tambahan bahan pemanis memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serta risiko diabetes, dikutip dari Healthifyme (9/5/2023).

Namun demikian, kopi hitam memiliki kandungan kafein dan asam yang cukup tinggi. Sehingga untuk sebagian orang hal ini mungkin akan menimbulkan efek samping.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang bisa timbul akibat terlalu banyak minum kopi hitam?

Baca juga: 5 Efek Samping Minum Kopi Hitam Menurut Ahli Diet


Efek samping terlalu banyak minum kopi hitam bagi kesehatan

Kopi hitamsamer daboul Kopi hitam
1. Picu kecemasan dan stres

Terlalu banyak minum kopi hitam dapat memicu tubuh melepaskan hormon stres terlalu banyak. Akibatnya, ini akan berdampak pada kecemasan dan stres seseorang.

Kondisi ini kemudian bisa membuat seseorang menjadi mudah gelisah dan marah.

Sebuah studi dari The Ohio State University mengungkapkan bahwa kafein dapat menyebabkan tekanan darah dan norepinefrin, hormon lain yang terlibat dalam pengaturan stres meningkat, bahkan ketika seseorang sedang beristirahat.

2. Asam lambung naik

Kopi hitam kaya akan kafein dan asam, sehingga mengonsumsinya dalam jumlah besar dapat menyebabkan keasaman pada perut dan memperparah kondisi refluks asam lambung.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh JAMA, salah satu perubahan gaya hidup yang direkomendasikan untuk menurunkan risiko gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah mengurangi asupan kopi harian.

Jika Anda rentan mengalami heartburn atau refluks asam lambung, mulailah untuk membatasi konsumsi kopi harian Anda dengan menjadi dua cangkir sehari.

Baca juga: 4 Jenis Kopi Terbaik untuk Perut Sensitif, Apa Saja?

3. Tubuh sulit menyerap nutrisi

Beberapa penelitian menemukan, terlalu banyak kopi dalam sistem pencernaan dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyerap mineral dari makanan sehari-hari, seperti zat besi, kalsium, dan seng.

Sebuah studi menemukan bahwa minum secangkir kopi dengan makanan burger dapat mengurangi penyerapan zat besi sebesar 39 persen.

Semakin kuat kopi, terutama kopi hitam, maka akan semakin sedikit zat besi yang diserap.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com