Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pare untuk Menurunkan Gula Darah Berdasarkan Penelitian

Kompas.com - 13/09/2023, 09:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Pare atau peria adalah tanaman merambat tropis yang termasuk dalam keluarga labu dan berkerabat dekat dengan zucchini dan mentimun.

Pare memiliki rasa yang tajam dan pahit. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, buah ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Pare kaya akan vitamin A dan C serta nutrisi lainnya. Ia juga mengandung senyawa yang mungkin memiliki manfaat kesehatan.

Berkat khasiat obatnya yang manjur, pare telah lama digunakan oleh masyarakat adat di beberapa wilayah di dunia untuk membantu mengobati kondisi terkait diabetes.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung, Mata, dan Pencernaan


Kandungan nutrisi buah pare

Dilansir dari laman Verywell Fit, sebagian besar kalori pada pare berasal dari karbohidrat. Karena kandungan kalori totalnya sangat rendah, karbohidrat pare juga rendah.

Zat gizi mikro pada pare antara lain vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, seng, tembaga, besi, dan magnesium.

Kandungan vitamin Anya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan kesehatan reproduksi Anda.

Sedangkan vitamin C yang terkandung dalam buah ini tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga bagus untuk kulit dan tulang Anda.

Selain itu, pare juga menyediakan beberapa vitamin B dan antioksidan bermanfaat, seperti lutein dan zeaxanthin.

Baca juga: Potensi Manfaat Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah

Potensi manfaat pare untuk mengontrol gula darah

Ilustrasi manfaat pare untuk menurunkan gula darah.iStockphoto/Nungning20 Ilustrasi manfaat pare untuk menurunkan gula darah.

Pare adalah salah satu dari beberapa buah tinggi serat dan rendah gula yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa) secara alami.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, pare memiliki versi insulinnya sendiri, yakni bahan kimia yang disebut polipeptida-P.

Penelitian telah menunjukkan bahwa polipeptida-P dapat membantu mengatur dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain itu, tidak seperti jenis karbohidrat lainnya, tubuh Anda tidak dapat mencerna serat, sehingga tidak menghasilkan glukosa.

Baca juga: Khasiat Buah Pare untuk Menurunkan Kolesterol Menurut Penelitian

Serat juga membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com