Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat di Sekitar Rumah yang Disukai Tikus, Bersihkan untuk Mengusirnya

Kompas.com - 11/09/2023, 09:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan tikus di dalam rumah akan mengganggu penghuni tempat tinggal. 

Selain mencuri makanan manusia, tikus yang kotor berpotensi menyebarkan bakteri dan virus melalui tempat-tempat yang dilewatinya.

Saat tikus sudah masuk rumah, hewan pengerat tersebut perlu segera diusir agar tidak membentuk sarang dan berkembang biak.

Untuk bisa mengusir tikus, perhatikan area dalam dan sekitar rumah yang disukai hewan pengerat ini.

Baca juga: Tanda Tikus Menyerang Rumah, Kenali agar Bisa Diusir!


Tempat di dalam rumah yang disukai tikus

Berikut sejumlah lokasi di sekitar rumah yang disukai tikus dan berpotensi menjadi sarang bagi hewan tersebut.

1. Ruangan kosong

Dilansir dari Best Life (15/6/2022), tikus suka tinggal di ruangan yang kosong di dalam rumah. Biasanya, tempat seperti ini menjadi lokasi penyimpanan barang yang tidak diperlukan.

Lokasi ini menjadi tempat sembunyi yang terpencil dan aman bagi tikus. Meski ruangan terkunci, tikus tetap bisa saja masuk dengan menggigiti dinding hingga berlubang.

2. Gudang dan garasi

Tikus suka bersembunyi di balik tumpukan barang yang disimpan di garasi, gudang, atau ruangan bawah tanah. Lokasi ini akan semakin bagus jika gelap, terpencil, dan banyak tempat tersembunyi.

Untuk mencegah serangan tikus, cobalah simpan barang di rak dan jangan menumpuknya terlalu banyak. Sebaiknya, gunakan kotak penyimpanan berbahan plastik agar tidak digeroroti oleh tikus.

3. Saluran udara

Pipa dan ventilasi udara biasanya terbuat dari material kokoh dan menempel pada dinding dan langit-langit. Tempat ini menjadi jalan masuk bagi tikus ke sekeliling rumah.

Selain itu, ventilasi memberikan kehangatan yang sangat dibutuhkan saat membangun sarang. Sementara pipa menyediakan sumber minum bagi hewan pengerat tersebut.

Usir tikus dengan rutin memeriksa pipa dan saluran udara. Cegah kebocoran pipa agar tidak dijadikan sumber minuman tikus.

Baca juga: 6 Makanan Ini Bisa Mengundang Tikus Masuk Rumah, Segera Bersihkan!

4. Furnitur

Tikus juga bisa tinggal di sekitar bahkan dalam furnitur di rumah. Furnitur yang tidak terpakai atau disimpan di gudang merupakan tempat persembunyian sempurna bagi hewan ini. Apalagi kalau furnitur memiliki struktur yang kokoh dan bahan lembut.

Jika terpaksa menyimpan furnitur tidak terpakai, rutinlah mengecek kondisinya. Tikus bisa saja merusak barang tersebut dan membuat sarang di dalam furnitur.

5. Bawah peralatan rumah

Tikus sering kali bersembunyi di peralatan dalam rumah. Peralatan ini seperti kompor, tangki air, mesin cuci, dan pemanas air. Ini terutama saat tidak ada manusia di sekitar peralatan tadi.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com