Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Busana "Boedi Oetomo" Erick Thohir yang Buat Menteri Basuki Penasaran

Kompas.com - 18/08/2023, 12:45 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono jadi sorotan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). 

Di tengah upacara, saat semua hadirin fokus mendengarkan lantunan lagu Andika Bhayangkari, Basuki yang mengenakan pakaian adat Bali berwarna abu-abu tampak menunduk ke arah perut dan merapikan kantung bajunya.

Tak lama kemudian, Basuki menoleh ke arah Erick Thohir yang berdiri di samping kanannya dan berusaha menyingkap setelan jas yang dikenakan Menteri BUMN tersebut.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (18/8/2023), Basuki ternyata penasaran dengan jas bernuansa krem dengan kancing satu yang dikenakan Erick Thohir.

"Kan pakai jas, tapi saya mau lihat kancingnya ternyata cuma satu, jadi itu model Boedi Oetomo. Jadi bukan Jawa, tapi Boedi Oetomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja," kata Basuki.

Cuplikan video kejadian tersebut viral di media sosial selama Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, kemarin.  Lantas, seperti apa pakaian Erick Thohir yang menarik perhatian Basuki Hadimuljono?

Baca juga: Baju Adat Jokowi Saat Pidato Kenegaraan 16 Agustus dari Tahun ke Tahun...


Pakaian Boedi Oetomo rancangan Didiet Maulana

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, busana yang dikenakan saat upacara Hari Kemerdekaan adalah pakaian ala organisasi Boedi Oetomo.

Busana tersebut merupakan hasil rancangan desainer Didiet Maulana. Pakaian khusus ini sarat akan identitas organisasi yang mempelopori kebangkitan nasional pada 1908 silam.

"Jas Boedi Oetomo ini memang didesain berkancing satu oleh Mas Didiet Maulana khusus untuk saya. Terima kasih mas Didiet, pak Bas aja suka," tulis Erick dalam akun Instagram, Kamis.

Didiet Maulana adalah seorang desainer ternama Indonesia yang dikenal sebagai maestro tenun ikat.

Karyanya beberapa kali digunakan politikus hingga selebritas, termasuk Ketua DPR Puan Maharani dalam sidang tahunan MPR 2022, dan komika Kiky Saputri di acara pernikahannya.

Melalui akun resmi Twitter, Didiet Maulana mengatakan bahwa "Indonesia dan Pemuda" merupakan tema busana Erick Thohir beserta istri saat upacara Hari Kemerdekaan.

"Tampilan pelajar tempo doeloe menjadi inspirasi tema busana Bapak Erick Thohir dan Ibu Liza Thohir pada upacara kemerdekaan RI ke 78 di Istana Negara," tulisnya.

Kompas.com telah mendapatkan izin dari Dhitya, manager Didiet Maulana, untuk mengutip unggahan tersebut sebagai bahan pemberitaan.

Baca juga: Baju Adat Jokowi dalam Upacara HUT RI dari Tahun ke Tahun

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com