Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Media Asing soal HUT Ke-78 RI: Pengibaran Bendera di Bawah Air dan Aksi Pesawat Tempur

Kompas.com - 18/08/2023, 11:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga Indonesia merayakan HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023). Peringatan ini dirayakan di penjuru negeri dengan upacara bendera, kirab budaya, bahkan atraksi pesawat tempur.

Tidak hanya di Tanah Air, perayaan HUT RI juga diadakan di negara-negara tetangga dengan diprakasai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat.

Perayaan HUT ke-78 RI juga mendapatkan sorotan dari berbagai media asing di luar negeri. Mereka ikut memberitakan peringatan yang terjadi di Indonesia maupun acara dari KBRI.

Baca juga: Mengintip Perayaan HUT Ke-78 RI di Berbagai Negara, Apa Saja?


Kata media asing soal HUT ke-78 RI

Berikut sejumlah pemberitaan media asing terhadap perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia.

1. Vietnam

Media Vietnam Plus memberitakan peringatan HUT ke-78 RI yang diadakan oleh Persatuan Organisasi Persahabatan Kota Ho Chi Minh (HUFO) pada Selasa (15/8/2023).

Pemberitaan itu berjudul "HCM City Gathering Marks 78th Anniversary of Indonesia's Independence Day".

Media ini menyoroti kegiatan tersebut diadakan untuk meningkatkan persahabatan antara warga negara Vietnam dan Indonesia. Kedua negara disebut memiliki kesamaan suku, bangsa, sejarah perjuangan, dan menjalin hubungan kenegaraan.

2. Uni Emirat Arab

Media Khaleej Times memberitakan perayaan HUT RI yang diadakan oleh KBRI Abu Dhabi di ibu kota Uni Emirat Arab.

Berita yang dirilis berjudul "Look: Indonesian Expats Celebrate Independence Day with Patriotic Zeal".

Disebutkan, upacara pengibaran bendera terlaksana di KBRI Abu Dhabi dipimpin oleh Duta Besar Indonesia untuk UEA Husin Bagis.

Tak hanya upacara, KBRI juga mengadakan perlombaan olahraga, karaoke, dan kompetisi wirausaha. Lomba ini diikuti oleh diaspora Indonesia serta warga negara ASEAN.

Baca juga: Baju Adat Jokowi dalam Upacara HUT RI dari Tahun ke Tahun

3. Australia

SBS Australia membagikan berita yang membahas perayaan HUT RI di berbagai lokasi di negara tersebut melalui artikel "The Message Behind The Meaning of Indonesia's 78th Independence Day from Country's Representative in Sydney".

Upacara bendera salah satunya diadakan di Sydney dan Federal Square, Melbourne yang dilakukan oleh pelajar asal Indonesia sebagai Paskibraka. Media berbasis podcast ini juga menyoroti pelajar bahasa Indonesia di Australia yang mengikuti upacara HUT RI.

Media ini juga membahas semangat kemajuan Indonesia dan keutuhan warga menjelang pemilihan umum (Pemilu) sebagai pesan penting untuk bangsa Indonesia dalam suasana peringatan kemerdekaan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com