Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Kereta Api Vs Mobil di Jombang yang Menewaskan 6 Orang

Kompas.com - 30/07/2023, 15:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah mobil Daihatsu Luxio tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di jalan Dusun Gondekan, Desa Jabon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Sabtu (29/7/2023).

Mobil Daihatsu Luxio yang tertabrak tersebut berpenumpang delapan orang dan enam di antaranya meninggal dunia di lokasi kejadian.

Sementara dua penumpang lainnya mengalami luka berat dan mendapatkan perawatan intensif di RSUD Jombang.

Lantas, bagaimana kronologi kejadian kecelakaan tersebut?


Baca juga: KAI Divre IV Tanjungkarang Akan Tutup Sejumlah Perlintasan Sebidang di Lampung untuk Tingkatkan Keselamatan Lalu Lintas

Kronologi kecelakaan

Peristiwa tertabraknya mobil Daihatsu Luxio dengan nomor polisi L 1009 XD oleh kereta api terjadi pada Sabtu (29/7/2023) sekitar pukul 23.14 WIB.

Kanit Laka Lantas Polres Jombang Ipda Anang Setyanto mengatakan, kronologi berawal saat mobil yang ditumpangi oleh rombongan dari Bulongbendo, Kabupaten Sidoarjo melaju dari arah utara lalu melintasi rel kereta api tak berpalang pintu di jalan Dusun Gondekan, Desa Jabon, Kabupaten Jombang. 

Pada saat itu, kondisi jalanan gelap dan pengemudi tidak menyadari bahwa ada kereta api yang melintas.

Saat mobil menyeberangi pelintasan kereta, Kereta Api Dhoho relasi Surabaya-Kertosono dari arah timur melintas.

Akibatnya mobil dan kereta api mengalami benturan yang kencang, kemudian mobil terseret sejauh 100 meter.

Anang menyampaikan, penumpang mobil diduga masih satu keluarga.

"Rombongan diperkirakan adalah satu keluarga itu perjalan dari arah utara ke selatan," kata Anang dikutip Kompas TV, Minggu (30/7/2023).

Baca juga: KA Brantas Tabrak Truk di Semarang, KAI: Perjalanan Kereta Api Sudah Normal Kembali

Identitas korban

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (30/7/2023), Anang mengungkapkan identitas korban yang meninggal dunia akibat peristiwa itu, salah satunya adalah Wahyu Kuspoyo (42), warga Desa Bakung Temenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.

Empat korban yang meninggal dunia lainnya yang juga berasal dari alamat yang sama, yaitu Sutria Mingsih (38), Sumiyowati (60), Alinsya Mareta Mingkana (16), dan Arimbi (11).

Satu korban meninggal dunia lainnya bernama Adelia (19), berasal dari Desa Kedungpadang, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu, untuk penumpang yang dirawat di rumah sakit akibat luka berat, ada Fikri (22), mahasiswa asal Dusun Bangi, Desa Woromarto, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, dan Az Zahra Rohima Khoirunnisa (13), warga Desa Bakung Temenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.

Baca juga: Viral, Video Diduga Asisten Masinis KA Brantas Berjalan Keluar dari Kereta yang Terbakar, Ini Kata KAI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com