Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Ular Sembunyi di Sepatu Saat Cuaca Panas, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kompas.com - 23/05/2023, 11:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang memperingatkan agar berhati-hati terhadap ular yang bersembunyi di dalam sepatu saat cuaca panas, viral di media sosial TikTok.

Unggahan tersebut diunggah oleh akun TikTok @razdanhusnikamil.

"Akhir-akhir ini cuaca mencapai 40 derajat. Hati-hati mereka mencari tempat naung di tempat-tempat lembab, salah satunya di sepatu," tulis akun tersebut dalam video viral tersebut.

@razdanhusnikamil #Viral Hati² Ular disepatumu???????????? #hatihati #waspada #cuacapanas #ularberbisa #beritaviral #beritafyp ? Oh no Oh No (Cover)

Unggahan tersebut diunggah pada Kamis (18/5/2023). Hingga Senin (22/5/2023), unggahan ini disukai lebih dari 6.300 pengguna.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, unggahan tersebut merupakan video yang sebelumnya diunggah oleh akun TikTok @CoachSamAdnan di TikTok, namun saat ini akun tersebut tak bisa ditemukan di TikTok.

Sebagaimana dikutip dari laman NST, dalam video pengunggah sebelumnya juga ada peringatan agar orang-orang waspada terhadap suhu udara di Malaysia yang belakangan meningkat.

Video unggahan asli akun tersebut saat ini masih bisa disimak dalam kanal NST Online.

Baca juga: Kenali Tanda Keberadaan Ular di Dalam Rumah dan di Mana Mereka Suka Bersembunyi


Mencegah ular bersembunyi di dalam sepatu

Ketua Taman Belajar Ular Indonesia Erwandi Supriadi atau yang akrab disapa Elang mengatakan bahwa memang bisa saja ular bersembunyi di dalam sepatu saat cuaca panas.

Ia mengatakan, ular merupakan hewan berdarah dingin yang jika kepanasan akan mencari tempat yang lebih sejuk, sedangkan jika musim hujan akan mencari tempat yang kering dan hangat.

Oleh karena itu, menurutnya, untuk menghindari ular bersembunyi di dalam sepatu maka kita harus memperhatikan cara menyimpan sepatu.

"Cara menghindari, taruh sepatu terbalik, sepatu bagian alas di atas. Jadi kalau ular bersembunyi bisa ketahuan," terangnya kepada Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Selain itu menurutnya, rak sepatu sebaiknya diletakkan di dalam rumah dan jangan meletakkan rak atau sepatu di luar rumah.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Ular King Kobra, Apa Saja?

Jangan meletakkan sepatu di tanah

Sementara itu, mengutip dari laman DailyMail, penangkap ular di Sydney Cory Kerewaro mengingatkan salah satu cara menghindari ular masuk ke dalam sepatu adalah dengan menyimpan sepatu di rak dan jangan meletakkannya di tanah.

"Selalu bagus untuk menyimpan sepatu Anda di rak, jauh dari tanah, untuk mengurangi risiko hal ini terjadi lagi," kata Cory Kerewaro.

Tips lain untuk menghindari ular masuk ke sepatu sebagaimana dikutip dari India.com, adalah dengan membalikkan sepatu, kemudian membenturkannya dengan pelan ke lantai beberapa kali sebelum memakainya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com