Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Lailatul Qadar: Tanda, Keistimewaan, dan Kapan Terjadinya

Kompas.com - 08/04/2023, 13:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada bulan Ramadhan, ada satu malam yang sangat dinantikan oleh umat Islam, yaitu malam lailatul qadar.

Lailatul qadar adalah malam di mana ayat pertama dalam Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Selain itu, umat Islam juga menyebut malam lailatul qadar sebagai malam yang penuh kemuliaan. Untuk itu, banyak di antara mereka yang menantikan kapan malam lailatul qadar terjadi.

Baca juga: Lailatul Qadar dan Segala Keutamaannya

Lantas, apa itu malam lailatul qadar, kapan terjadi, dan apa keistimewaannya?

Apa itu malam Lailatul Qadar?

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar abbas menyampaikan bahwa malam lailatul qadar adalah suatu malam pada bulan Ramadhan yang sangat bernilai di sisi Allah lebih baik dari 1000 bulan.

Malam lailatul qadar merupakan malam turunnya ayat pertama Al Quran kepada Nabi Muhammad. Wahyu tersebut diturunkan Allah melalui perantara malaikat Jibril dan diterima Nabi Muhammad.

"Jadi kalau kita beribadah dan berbuat kebaikan di malam tersebut (lailatul qadar), maka oleh Allah SWT amal ibadah dan kebaikan yang kita lakukan tersebut akan diganjar dengan balasan yang sama. Artinya, kita telah berbuat hal tersebut 1000 bulan atau 83,3 tahun," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

"Oleh karena itu adalah sangat wajar orang berebut untuk memburu dan mendapatkan malam lailatul qadar tersebut," sambungnya.

Baca juga: Kapan Lailatul Qadar 2023? Simak Tanggal dan Cara Mendapatkannya


Kapan malam lailatul qadar?

Anwar menuturkan, ada perbedaan pendapat terkait dengan kapan terjadinya lailatul qadar.

Ada yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar terjadi pada malam ke-17 di bulan Ramadhan. Namun ada pula yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada hari ke-24 atau malam ke-25 di bulan Ramadhan.

"Tapi Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk lebih meningkatkan lagi amal ibadah dan kebaikan kita di 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan," jelasnya.

"Jadi kalau disimpulkan tidak ada seorang pun yang tahu tentang kapan malam Lailatul Qadar tersebut terjadi," tandasnya.

Baca juga: Beragam Hal yang Perlu Diketahui soal Malam Lailatul Qadar

Lailatul qadar biasanya terjadi pada tanggal-tanggal ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, seperti malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

Menurutnya, setiap Muslim pasti akan mendapatkan malam lailatul qadar selama mereka masih hidup selama bulan Ramadhan tersebut.

Hanya saja, yang membedakan adalah persoalan setiap Muslim bisa beribadah dan berbuat kebaikan di malam tersebut secara maksimal atau tidak.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com