Beragam Hal yang Perlu Diketahui soal Malam Lailatul Qadar

Kompas.com - 16/05/2020, 19:42 WIB
Umat Muslim bertadarus di Masjid At-Taqwa Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Senin (6/5/2019). Pada bulan Ramadhan umat muslim memanfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah dengan membaca Al Quran dan melaksanakan salat sunah guna menambah amalan dan memohon ampunan dari Allah SWT. ANTARA FOTO/SYIFA YULINNASUmat Muslim bertadarus di Masjid At-Taqwa Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Senin (6/5/2019). Pada bulan Ramadhan umat muslim memanfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah dengan membaca Al Quran dan melaksanakan salat sunah guna menambah amalan dan memohon ampunan dari Allah SWT.

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan adalah satu bulan yang paling dinantikan kedatangannya oleh umat Muslim di manapun.

Hal itu dikarenakan banyaknya amalan dan pahala yang bisa didapatkan.

Salah satu malam istimewa di bulan Ramadhan ialah malam lailatul qadar. Malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Kitab suci umat Islam, Al Quran, juga diturunkan pada malam Lailatul Qadar ini.

Baca juga: Muhammadiyah Keluarkan Tuntunan Shalat Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona, Simak Perinciannya...

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui soal malam Lailatul Qadar:

Amalan-amalan di malam Lailatul Qadar

Warga menggunakan masker saat melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Al-Araf, Lebak,  Banten, Rabu (23/4/2020). Warga setempat tetap menjalankan ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid dengan mengikuti protokol kesehatan meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid selama ramadhan. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/aww.ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS Warga menggunakan masker saat melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Al-Araf, Lebak, Banten, Rabu (23/4/2020). Warga setempat tetap menjalankan ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid dengan mengikuti protokol kesehatan meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid selama ramadhan. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/aww.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada malam Lailatul Qadar, tersedia banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan guna meraup pahala yang disediakan oleh Allah SWT.

Amalan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Shalat malam

Shalat malam merupakan shalat sunah yang dilakukan antara Isya dan Subuh, di antaranya adalah shalat tarawih, shalat witir, dan shalat tahajud.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.