Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2023, 21:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga tiket kereta api yang dinilai mahal kembali ramai dikeluhkan warganet di Twitter pada Senin (30/1/2023).

Melalui akun ini, warganet mengeluhkan bahwa harga tiket kereta eksekutif (Surabaya-Jakarta) lebih mahal dibandingkan dengan tiket pesawat dengan rute yang sama.

"Tiket kereta eksekutif (Surabaya-Jakarta) sekarang seharga atau bahkan lebih mahal dari tiket pesawat," kata penguggah.

Dalam twit tersebut, pengunggah juga melampirkan harga tiket kereta eksekutif rute Stasiun Gambir, Jakarta-Stasiun Pasar Turi, Surabaya yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 735.000.

Harga tiket kereta api itu disandingkan dengan harga tiket pesawat rute Jakarta - Surabbaya yang harganya berkisar mulai Rp 781.800.

Hingga Selasa (31/1/2023), twit tersebut telah dikomentari lebih dari 500 warganet, dibagikan kepada 607 akun, dan disukai hingga 1.637 pengguna Twitter.

Baca juga: Kereta Api Pertama di Sulawesi, Apa Bedanya dengan KA di Jawa?

Komentar warganet

Sejumlah warganet merespons unggahan tersebut dan mengaku juga merasakan hal yang sama. Mereka juga meninggalkan komentar di twit tersebut.

"Jujur, sekarang kereta tuh pilihan kesekian. Kirain harga mahal tuh karna high season. Lah kok terus? Jadi sekarang prefer bis kalau mau santai. Murah, dpt makan, cepet pula. Terakhir ke Sby cuma 9 jam. Kalau cuaca bagus dan harga lagi oke, pesawat sih," kata warganet ini

"Iya nih min gimana si yaa tiket dri cikarang ke kroya aja naik dari 240 jdi 380 (tau keretanya berbeda tapi tetep aja harganya naik)," ujar akun ini

"Jangan pilih Gambir atuh nder, Senen aja. Kalau mau lebih ekonomis ya naik yang Eko Premium nderr. Kalau dari Surabaya ke Jakarta (sebaliknya) bisa pakai Kertajaya SBI-PSE PP, Jayakarta SGU-PSE PP atau Ekse dari SBI-PSE PP ada Dharmawangsa, PSE-SGU PP Gaya Baru Malam, lebih murah," kata warganet lain. 

"Ini trik temennya papaku nder agak ribet tapi. Beliau sekeluarga mau ke sby-jogja. Tapi karna jarak segitu ga bisa goshow, jadi beliau beli goshow sby-madiun, terus lanjut madiun-jogja," ungkap akun twit ini

Lantas, mengapa harga tiket kereta bisa setara dengan harga tiket pesawat?

Baca juga: Daftar Kelas Kereta Api, Arti Kode Kereta, dan Harga Tiketnya

Penjelasan KAI

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa harga tiket kereta api sifatnya fluktuatif alias tidak tetap dan bisa mengalami kenaikan atau penurunan. 

"Tarif Kereta Api Komersial sifatnya fluktuatif menyesuaikan dengan demand dari pelanggan," kata Joni, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Menurut Joni tarif tiket kereta api itu juga selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB)-Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

"Adapun untuk KA-KA yang sifatnya PSO, atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah," terangnya lagi.

Kendati dekimian, Joni enggan menjelaskan penyebab harga tiket kereta api Gambir-Pasar Turi yang hampir setara dengan harga tiket pesawat.

Baca juga: Kereta Panoramic Bakal Beroperasi Kembali pada Februari 2023, Apa Saja Fasilitasnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com