Penjelasan BNI soal Video Viral Tak Bisa Buka Rekening karena Data Terdaftar di 21 Rekening

Kompas.com - 27/09/2022, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Corporate Secretary Bank Negara Indonesia (BNI) Okki Rushartomo memberikan penjelasan perihal video viral seorang wanita yang tidak bisa membuka rekeningnya lantaran disebutkan sudah terdaftar di 21 rekening pinjaman.

Sejauh ini, pihaknya mengaku masih menyelidiki data dari nasabah atas nama Devina Indriani tersebut.

"Saat ini kami masih mencoba melakukan cek data terkait nasabah pemilik rekening pinjaman tersebut," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Diberitakan sebelumnya, unggahan video terkait pengalaman seorang wanita yang tidak bisa membuka rekening di BNI viral di media sosial, TikTok.

Pengunggah mengakui bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya sempat hilang dan masih dalam pengurusan sebelum mengunggah video di TikTok tersebut.

Baca juga: Viral, Video Semburan Lumpur di Ogan Ilir, Ini Dugaan Penyebabnya

Diduga jumlah 21 tersebut bukanlah merujuk pada rekening pinjaman BNI melainkan berkaitan dengan PayLater yang terhubung atau bekerja sama dengan BNI.

Paylater merupakan jenis pembiayaan yang memungkinkan konsumen melakukan pembelian dengan cara mengangsur dan membayarnya di masa mendatang.

Sistemnya hampir sama dengan kartu kredit karena diberi limit tertentu untuk berbelanja.

Okki menambahkan, KTP merupakan salah satu dokumen penting bagi setiap warga negara Indonesia (WNI). Pasalnya di dalam KTP terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bisa dipergunakan berbagai keperluan termasuk untuk akses layanan perbankan.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu untuk BRI, BCA, dan BNI

Baca juga: Viral, Video Mesin ATM Pecahan Rp 20.000 di Yogyakarta, Ini Penjelasan BNI

Pembukaan rekening baru BNI

Kendati demikian, pihaknya selalu berhati-hati dalam pelayanan pembukaan rekening baru dengan melakukan screening untuk mencegah penyalahgunaan tanda pengenal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.