Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kesadaran Overdosis Internasional 2022, Ini Ciri Overdosis Obat

Kompas.com - 31/08/2022, 12:00 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Kesadaran Overdosis Internasioal (IOAD) diperingati setiap tanggal 31 Agustus.

Peringatan tersebut dilakukan untuk mengingat orang atau anggota keluarga yang tewas akibat overdosis karena penyalahgunaan obat-obatan.

Selain itu, lewat peringatan ini juga mengirim pesan kepada masyarakat akan bahaya penggunaan narkoba serta risiko terjadinya overdosis obat.

Oleh karenanya, Hari Kesadaran Overdosis Internasioal hadir agar tidak banyak lagi korban berjatuhan akibat overdosis obat.

Masyakarat yang ingin berpartisipasi memperingati Hari Kesadaran Overdosis Internasioal dapat memposting pesan di sosial media dengan menggunakan tagar #IOAD2022 dan #EndOverdose.

Baca juga: Kematian Akibat Overdosis di Amerika Serikat Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Sejarah

Dikutip dari Overseday, peringatan Hari Kesadaran Overdosis Internasional mulai dirayakan pada tahun 2001 di The Salvation Army, St kilda, Melbourne, Australia.

Pemakrasanya adalah Sally J Finn dengan mendapat dukungan dari banyak masyarakat, organisasi pemerintahan Australia dan organisasi non-pemerintahan.

Kala itu, dalam peringatan Hari Kesadaran Overdosis Internasional diadakan acara untuk meningkatkan keadaran dan memperingati mereka yang tewas karena overdosis obat.

Peringatan tersebut kemudian terus berkembang hingga Penington Institute sebagai organisasi kesehatan masyarakat nirbala Australia mengoordinasikannya sejak 2012.

Penington Institute memiliki pengalaman dan penelitian untuk meningkatkan keamanan masyarakat terkait dengan obat-obatan dan alkohol.

Baca juga: Overdosis Narkoba, Rapper DMX Dirawat di Rumah Sakit

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com