Kematian Akibat Overdosis di Amerika Serikat Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 20/12/2020, 18:14 WIB
Ilustrasi obat ShutterstockIlustrasi obat
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Jumlah orang meninggal akibat overdosis obat di Amerika Serikat selama pandemi virus corona mengalami peningkatan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan lebih dari 81.000 kematian karena overdosis obat terjadi di AS dalam 12 bulan terakhir.

Kematian akibat overdosis memang telah meningkat pada bulan-bulan sebelum pandemi virus corona.

Namun, jumlah kematian akibat overdosis selama pandemi virus corona meningkat secara cepat.

"Gangguan terhadap kehidupan sehari-hari akibat pandemi telah berdampak parah orang dengan gangguan penyalahgunaan napza," kata Direktur CDC AS, Robert Redfield, dikutip dari laman resmi CDC.

Baca juga: Overdosis Kafein: Penyebab, Gejala, dan Risiko Kematian

Jenis obat

  • Opioid sintetis

CDC mengungkapkan opioid sintetis, terutama fentanil yang diproduksi secara ilegal, menjadi pendorong utama peningkatan kematian akibat overdosis. Kematian akibat obat ini meningkat sebesar 38,4 persen dari periode sebelumnya.

Sebanyak 37 dari 38 yurisdiksi AS dengan data opioid sintesis yang tersedia, melaporkan peningkatan kematian akibat overdosis. Bahkan, 18 di antaranya meningkat 50 persen.

Adapun, 10 negara bagian barat melaporkan lebih dari 98 persen peningkatan kematian akibat opioid sintetis.

  • Kokain

Kematian overdosis yang melibatkan kokain, naik sebesar 26,5 persen. Berdasarkan penelitian sebelumnya, kematian kemungkinan besar terkait dengan penggunaan secara bersamaan atau kontaminasi kokain dengan fentanil atau heroin yang diproduksi secara ilegal.

  • Psikostimulan

Sedangkan, kematian akibat overdosis yang melibatkan psikostimulan, seperti metamfetamin meningkat sebesar 34,8 persen.

Baca juga: Para Pemimpin Negara yang Sudah dan Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X