Lubang Besar Misterius Muncul di Lokasi Tambang Tembaga Chile

Kompas.com - 09/08/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Pihak berwenang Chile pada Senin (8/8/2022) mulai menyelidiki sebuah lubang misterius berdiameter 25 meter.

Diketahui, lubang besar itu muncul pada akhir pekan lalu di sebuah area pertambangan utara negara itu, dikutip dari Reuters.

Media Chile menunjukkan gambar udara dari lubang pembuangan di darat yang dioperasikan oleh tambang tembaga Canadian Lundin Mining, sekitar 655 kilometer utara Ibu Kota Santiago.

Baca juga: Ahli Ungkap Kehidupan Kelas Menengah di Pompeii Sebelum Hancur

Kedalaman 200 meter

Badan Geologi dan Pertambangan Nasional (Sernageomin) mengetahui adanya lubang pembuangan pada Sabtu (6/8/2022).

Kepala Badan Geologi dan Pertambangan Nasional David Montenegro mengatakan, pihaknya telah mengirim personel spesialis ke daerah tersebut.

"Ada jarak yang cukup jauh, sekitar 200 meter ke bawah," kata Montenegro.

"Kami belum mendeteksi material apa pun di sana, tetapi kami telah melihat keberadaan banyak air," sambungnya.

Pemandangan udara diambil pada 1 Agustus 2022, menunjukkan lubang pembuangan besar yang muncul selama akhir pekan di dekat kota pertambangan Tierra Amarilla, Provinsi Copiapo, di Gurun Atacama di Chile. AFP PHOTO/JOHAN GODOY Pemandangan udara diambil pada 1 Agustus 2022, menunjukkan lubang pembuangan besar yang muncul selama akhir pekan di dekat kota pertambangan Tierra Amarilla, Provinsi Copiapo, di Gurun Atacama di Chile.

Badan itu melaporkan penutupan area dari pintu masuk ke lokasi kerja tambang Alcaparrosa yang terletak di dekat lubang pembuangan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin sore, Lundin Mining mengatakan lubang itu tidak mempengaruhi pekerja atau anggota masyarakat.

"Rumah terdekat berjarak lebih dari 600 meter, sementara daerah berpenduduk atau layanan publik hampir satu kilometer jauhnya dari zona yang terkena dampak," kata perusahaan itu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.