Kompas.com - 09/08/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Irjen Syahardiantono sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, menggantikan Irjen Ferdy Sambo, Senin (8/8/2022).

Diketahui, Irjen Ferdy Sambo sebelumnya dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri karena dugaan keterlibatan dalam kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Pada hari ini Senin, 8 Agustus 2022 pukul 16.30 sampai dengan 16.45 WIB telah dilaksanakan pelantikan jabatan Kadiv Propam Polri," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin.

Berikut profil Irjen Syahardiantoro

Baca juga: Irjen Syahardiantono Resmi Dilantik Jadi Kadiv Propam Polri

Profil Kadiv Propam Irjen Syahardiantoro

Syahardiantoro lahir di Blora, Jawa Tengah pada 2 Februari 1970.

Pria yang akrab disapa Syahar itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1971, satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Dalam kariernya di Polri, ia tercatat pernah menempati sejumlah jabatan penting, seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Pada 2010, Syahar pernah ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pasuruan.

Tak berlangsung lama, ia kemudian langsung ditugaskan di Polda Jawa Timur sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Khsusus (Wadirreskrimsus) pada 2011.

Pada 2012, Syahar sempat ditarik ke Mabes Polri untuk menjadi Kasubdit VI Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim.

Ia kemudian menjadi Dirreskrimsus Polda Kepulauan Riau pada 2014.

Sempat menjadi Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdikpol Polri pada 2016, Syahar kemudian ditunjuk sebagai juru bicara Polri dua tahun kemudian.

Baca juga: Kasus Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Bisa Dipecat Jika Terbukti Langgar Etik

Pada 2019, ia kemudian menempati posisi Kepala Biro Pengelolaan Informasi dan Data (PID) Divisi Humas Polri dan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim pada 2020.

Di tahun yang sama, ia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.