Kompas.com - 09/08/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah peti kayu, lemari peralatan makan, rak-rak yang ambruk masih bisa terlihat dengan jelas. Ada juga meja beraksen tiga kaki dengan mangkuk dekoratif di atasnya.

Itu bukan sekadar perabot biasa. Perabot-perabot itu merupakan salah satu artefak yang ditinggalkan penghuninya ketika kota Pompeii dihantam oleh letusan dahsyat Gunung Vesuvius.

Tapi menariknya lagi, peneliti menyebut bahwa perabot dulunya adalah milik dari masyarakat kelas menengah di kota tersebut.

Temuan ini pun menurut peneliti dapat memperkaya pengetahuan tentang kehidupan masyarakat kelas itu sebelum terjadinya letusan gunung mengubur kota Romawi kuno tersebut dengan abu vulkaniknya.

Baca juga: Temuan Langka, Arkeolog Ungkap Kamar Budak di Pompeii

Dikutip dari Phys, Senin (8/8/2022) Taman arkeologi Pompeii mengumumkan temuan itu baru-baru ini. Direkturnya, Gabriel Zuchtriegel menyebut penggalian kamar di sebuah 'domus' atau rumah ini pertama kali digali pada 2018.

Penggalian menurutnya telah mengungkapkan detail berharga tentang lingkungan domestik warga biasa kota yang hancur pada 79 Masehi.

Dalam beberapa dekade terakhir, penggalian di Pompeii sebagian besar terkonsentrasi pada vila-vila mewah dengan lukisan dinding yang rumit dari penduduk kelas atas Pompeii.

Namun aktivitas arkeologi di dekat Napoli modern rupanya bisa menggambarkan bagaimana kehidupan kelas menengah serta para pelayan dan orang-orang yang diperbudak lainnya.

"Di kekaisaran Romawi, ada banyak populasi yang berjuang dengan status sosial mereka. Kelas itu rentan selama krisis politik dan kekurangan pangan tetapi juga berambisi untuk menaiki tangga sosial," kata Zuchtriegel.

Lebih lanjut, peneliti menyebut rumah tempat diketemukannya artefak memiliki halaman. Di halaman itu peneliti mendapati tangki air yang dihias dengan sangat baik.

"Jelas, sumber daya (keuangan) tak cukup untuk mendekorasi lima kamar di rumah. Satu kamar memiliki dinding yang tak dicat dan lantai tanah yang tampaknya digunakan untuk penyimpanan," jelas Zuchtriegel.

Lalu di sebuah kamar tidur, para arkeolog menemukan sisa-sisa rangka tempat tidur dengan jejak kain untuk bantal. Temuan di kamar juga termasuk sisa-sisa batang kayu dengan tutup terbuka.

Selain itu di antara reruntuhan langit-langit akibat ledakan vulkanik, terdapat pula lampu minyak yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan dewa Yunani kuno Zeus yang berubah menjadi elang. Di dekatnya ada meja bundar kecil berkaki tiga.

Baca juga: Ahli Urutkan Genom Korban Letusan Gunung Vesuvius yang Kubur Pompeii

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.