Kompas.com - 04/07/2022, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Foto soal kecurangan peserta SIMAK UI menggunakan ponsel saat ujian berlangsung, viral di media sosial. Foto tersebut diunggah oleh akun ini di Twitter pada Sabtu (2/7/2022).

"Ptn! laporin tolong @SIMAK_UI," tulis pemilik akun.

Di twit yang lainnya, seorang peserta Simak UI dengan sengaja meng-capture soal ujian dan mengunggahnya ke akun media sosial TikTok. Twit tersebut diunggah akun ini di hari yang sama.

"PTN! Dengan bangganya bisa fotoin soal simak, gitu amat bro biar fyp wkwk," ungkap akun lain.

Hingga Senin (4/7/2022) siang, unggahan tersebut telah disukai oleh lebih dari 4.691 pengguna Twitter, dibagikan oleh sebanyak 425 akun, dan mendapat komentar dari 250 warganet.

Baca juga: Viral, Foto Soal SIMAK UI Diduga Bocor dan Tersebar, Ini Penjelasan UI

Penjelasan UI

Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia, Amelita Lusia, menanggapi soal viralnya foto peserta SIMAK UI yang menggunakan ponsel hingga meng-capture soal ujian.

Amelia mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi tindakan curang tersebut dengan memberlakukan mekanisme dan aturan yang ketat selama ujian.

"Modus-modus kecurangan akan selalu ada, baik pada sistem seleksi ujian tulis, berbasis komputer, maupun online," ujarnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

"Itu sebabnya, semua kemungkinan sudah kami perhitungkan. Soal yang diterima masing-masing peserta, misalnya, bisa jadi tidak sama persis karena diacak lewat nomer maupun pada pilihan jawabannya," jelasnya.

Selain itu, masing-masing chapter soal ujian juga menggunakan time lock. Sehingga waktunya terbatas sesuai dengan yang sudah diperhitungkan. Hal ini, diyakini akan menyulitkan peserta yang bertindak curang.

Baca juga: SIMAK UI Dibuka Besok, Cek Jadwal, Cara, dan Biaya Pendaftaran

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.