Kompas.com - 04/07/2022, 12:35 WIB

KOMPAs.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berencana membuka Kantor BPN di akhir pekan, yakni pada Sabtu dan Minggu.

Rencana tersebut merupakan arahan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto yang meminta langsung agar Kantor BPN dapat melayani masyarakat di akhir pekan.

"Sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu," tuturnya, dilansir dari KompasTV  (3/7/2022).

Hadi juga menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Lantas bagaimana kesiapan rencana tersebut?

Baca juga: Urus Sertifikat Tanah Dikenai Biaya Rp 0 alias Gratis, Ini Kriteria dan Ketentuannya

Penjelasan Kementerian ATR/BPN

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati membenarkan adanya arahan dari Menteri ATR/BPN untuk membuka Kantor BPN pada Sabtu dan Minggu.

"Betul, akan dibuka layanan untuk Sabtu dan Minggu," ungkapnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Untuk saat ini, pihaknya mengaku tengah menyusun rencana tersebut. Artinya, penerapan pembukaan Kantor BPN di akhir pekan belum dilaksanakan.

"Sekarang Kementerian sedang menyusunnya, jika sudah ada akan kita share agar masyarakat luar mengetahuinya," tambahnya.

Kendati demikian, Yulia mengatakan bahwa Kantor BPN yang buka di Sabtu dan Minggu hanya akan melayani pelayanan khusus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.