Kompas.com - 04/07/2022, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Berita soal rencana pembangunan tangga di sepanjang jalur pendakian Gunung Lawu, viral di media sosial.

Hal ini memantik Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar Teguh Haryono untuk memberikan tanggapan.

Teguh Haryono membenarkan bahwa pihaknya telah merencanakan pembangunan tangga di sepanjang jalur pendakian Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah via Cemoro Kandang.

"Insha Allah benar direncanakan segera dibangun," ungkapnya, saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (2/7/2022).

Saat ini, Disparpora segera mengadakan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk membahas rencana pembangunan tangga di Gunung Lawu ini. Direncanakan, rapat bersama ini akan digelar pekan depan.

"Minggu depan saya akan rakor dengan instansi terkait untuk menyusun schedule tahapan pembangunan dan perencanaan pembiayaannya," imbuhnya.

Dilansir dari Kompas.com (1/7/2022), Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto juga menegaskan bahwa pembangunan akan dilakukan pada Agustus mendatang.

"Agustus mudah-mudahan bisa, seiring dengan sosialisasi. Kami merapikan jangka pendeknya sampai Taman Sari 1 dan Taman Sari 2, jangka menengahnya sampai pos Penggih, jangka panjangnya kalau bisa sampai Cokrosuryo," kata Titis.

Pembangunan tangga ini direncanakan memiliki panjang sekitar 12 kilometer dengan lebar 80 cm hingga 1 meter. Lebar tangga ini disesuaikan dengan lebar jalur setapak untuk pendaki yang selama ini sudah ada di Gunung Lawu

Baca juga: Video Viral soal Rencana Pembangunan Tangga di Gunung Lawu, Ini Penjelasan Disparpora Karanganyar

Demi keselamatan

Titis mengungkapkan, pembangunan tangga di jalur pendakian ini dijamin tak akan merusak alam.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.