Kompas.com - 04/07/2022, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan flare atau suar oleh pendukung tim sepak bola di dalam stadion adalah hal yang dilarang oleh federasi sepakbola dunia FIFA.

Tak hanya flare, FIFA juga melarang para penonton membawa kembang api atau bentuk lain dari kembang api masuk ke dalam stadion.

Diketahui, keberadaan nyala flare dalam stadion saat pertandingan berlangsung dapat mengganggu fokus para pemain dan menimbulkan bahaya bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Insiden flare di tengah pertandingan sepakbola sudah kerap terjadi, termasuk dilakukan oleh supporter Tim Nasional Indonesia, atau terjadi saat Garuda Muda bertanding melawan tim kesebelasan negara lain.

Berikut beberapa insiden flare di tengah laga Timnas Sepakbola Indonesia yang pernah terjadi, dirangkum dari pemberitaan-pemberitan Kompas.com sebelumnya:

Baca juga: Indonesia Bisa Terkena Sanksi akibat Flare, Ini Aturan dan Bahayanya

1. Piala AFF 2022

Baru-baru ini, oknum suporter Timnas U19 Indonesia menyalakan flare pada laga perdana kualifikasi Grup A Piala AFF 2022, Indonesia kontra Vietnam.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (3/7/2022), flare dinyalakan di menit-menit terakhir pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam.

Akibatnya, asap sempat membumbung di area tribun stadion.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menyayangkan tindakan penonton itu, karena hal tersebut bisa membuat Indonesia tidak diizinkan menjadi tuan rumah perhelatan sepakbola di waktu mendatang.

"Kami khawatir suatu saat nanti kita (Indonesia) tidak diizinkan lagi menjadi tuan rumah. Tidak mudah menjalankan ini," jelas Iriawan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.