Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Doa untuk Presiden Jokowi

Kompas.com - 27/06/2022, 07:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TERBERITAKAN bahwa setelah menghadiri pertemua KTT G7 di Jerman pada 27-28 Juni ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Kiev dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Moskwa. Kunjungan ke Kiev dan Moskwa itu merupakan upaya membuka ruang dialog antara pemimpin Ukraina dengan pemimpin Rusia demi menghentikan konflik militer Rusia-Ukrania yang sedang membara tanpa henti sejak 24 Februari 2022.

Sebagai warga Indonesia yang cinta damai, dari lubuk sanubari terdalam saya tulus mengharapkan bahwa Presiden Jokowi selaku presiden negara Asia pertama yang berkunjung langsung ke Kiev pada masa Perang Rusia-Ukraina masih berkecamuk akan berhasil menyentuh lubuk nurani kemanusiaan Volodymyr Zelenski dan Vladimir Putin sehingga kedua pemimpin bangsa yang sedang berperang berkenan saling membuka dialog demi menghentikan perang.

Baca juga: Pergi ke Jerman, Ukraina, dan Rusia, Apa Misi Jokowi?

Semua umat manusia di planet bumi ini, terutama di negara-negara berkembang, sudah secara langsung merasakan betapa parah dampak perang Rusia-Ukraina terhadap ekonomi global, terutama dalam bidang pangan. Krisis pangan sudah menerkam negara-negara berkembang sehingga negara-negara yang sudah miskin menjadi makin miskin. Rakyat negara-negara itu terancam bencana kelaparan.

Jika perang Rusia-Ukraina terus berlanjut, PBB mengkhawatirkan dunia akan menghadapi krisis pangan global dalam skala malapetaka yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.