Kompas.com - 26/06/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan bertolak menuju Munich International Airport, Jerman pada Minggu (26/6/2022), sekitar pukul 10.36 WIB tadi.

Presiden dijadwalkan bertandang ke Jerman dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada 26-27 Juni 2022.

Kemudian, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke dua negara yang tengah berkonflik, Ukraina dan Rusia, sebagaimana diumumkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Rabu (22/6/2022).

"Dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskwa, presiden akan bertemu dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," ujar Retno dalam konferensi pers, dikutip dari Kompas.com (23/6/2022).

Lantas, misi apa yang diemban Jokowi dalam kunjungan kali ini?

Baca juga: Jokowi Akan Temui Putin dan Zelensky, Desak Akhiri Perang

Serukan perdamaian

Jokowi dan jajarannya hadir dalam KTT G7 di Jerman dalam rangka memenuhi undangan sebagai G7 Partner Countries, bersama dengan India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan.

Selain itu, kunjungan ini sekaligus dalam kapasitasnya sebagai pemegang Presidensi G20 tahun ini.

Adapun, Jokowi mengatakan bahwa kunjungannya kali ini bertujuan mendorong negara-negara G7 untuk mengupayakan perdamaian di Ukraina.

"Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina," kata dia dalam konferensi pers sebelum keberangkatan, Minggu (26/6/2022), dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Meski bukan dalam situasi normal, kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia disebut Menlu Retno sebagai bentuk kontribusi Indonesia sebagai Presiden G20.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.