Kompas.com - 25/05/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah akan memberlakukan sistem pembayaran tanpa sentuh atau multi lane free flow (MLFF) bagi pengguna jalan tol.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah mempersiapkan penggantian layanan pembayaran tol tersebut.

Disebutkan, proses penggantian ini akan dilakukan secara bertahap dan diproyeksikan diberlakukan penuh pada tahun 2024.

Baca juga: Mengenal Apa Itu MLFF, Alat Bayar Tol Nirsentuh yang Akan Gantikan E-Toll

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan jika teknologi MLFF telah resmi diterapkan, maka gerbang tol akan dihilangkan.

"Oleh karena itu nantinya masyarakat dapat berkendara di jalan tol dengan tidak menggunakan gerbang tol. Secara gradual, akan tidak ditiadakan namun akan digantikan dengan teknologi yang diterapkan," kata Danang dikutip melalui laman BPJT, Senin (23/5/2022).

Melalui penerapan transaksi nirsentuh MLFF akan memberikan manfaat bagi pengguna jalan tol, karena dapat mengurangi waktu antrean sewaktu melakukan transaksi pembayaran tol.

Pembayaran cukup menggunakan ponsel

MLFF merupakan sistem pembayaran tol tanpa menggunakan kartu elektronik ini adalah bentuk inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS).

Menurut Danang, penerapan teknologi MLFF akan disesuaikan dengan kesiapan masyarakat sebagai pengguna jalan tol.

"Berbeda dengan sistem pembayaran Berbasis kartu elektronik yang saat ini digunakan, untuk metode pembayaran di Gerbang Tol (GT) MLFF akan menggunakan sistem server based," jelasnya.

Dengan menggunakan teknologi MLFF, pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran transaksi tol dengan menggunakan aplikasi di smarthphone.

Hal itu dikarenakan MLFF menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS) yang dapat dibaca melalui satelit.

Teknologi MLFF rencananya akan menggunakan perangkat Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU, dan perangkat Electronic Route Ticket.

Dengan teknologi ini pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Sistem MLFF di Jalan Tol dan Bagaimana Nasib E-Toll?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.