Kompas.com - 25/05/2022, 06:45 WIB

KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 4,4 mengguncang wilayah Lombok Barat, Rabu (25/5/2022) pukul 05.18.56 WITA. Getaran gempa tersebut terasa hingga wilayah Bali.

Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa di Lombok Barat ini merupakan jenis gempa tektonik.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan Magnitudo 4,4," ujar Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Pusat gempa dilaporkan terletak pada koordinat 9,50° LS; 115,89° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 km barat Lombok Barat, NTB pada kedalaman 24 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng, dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia," terang Daryono.

Daryono menegaskan, berdasarkan hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa tektonik menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

Kendati demikian, BMKG mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap adanya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Baca juga: Gempa M 4,6 Guncang Mataram dan Lombok Barat, Ini Daerah yang Merasakan

Dampak gempa

Hasil analisis BMKG menyebutkan bahwa gempa tersebut terasa hingga Denpasar, Lombok Barat, dan Mataram.

"Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta Selatan, Lombok Barat dalam skala intensitas II-III MMI," ungkap Daryono.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.