Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Teka Teki Hari

Kompas.com - 25/05/2022, 05:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SATU di antara sekian banyak gejala orang makin tua usia adalah sifat buruk makin memburuk. Maka wajar bahwa makin tua usia saya makin pelupa.

Di masa muda usia saja saya sudah pelupa soal hari. Maka di usia makin mendekati ajal saya makin lupa hari ini hari apa, apalagi hari esok lusa atau kemarin dulu.

Demi mencoba membugarkan daya ingat, maka saya kerap melakukan latihan kebugaran otak dengan mencoba memecahkan beranekaragam teka-teki termasuk teka-teki tentang hari yang antara lain sebagai berikut:

1. Kemarin adalah tiga hari setelah hari Senin. Hari apa esok hari?

2. Hari ke tiga sebelum hari ke sepuluh adalah hari Kamis. Hari apa setelah empat hari apabila dalam delapan hari merupakan hari ke tiga belas?

3. Hari apa dalam 923 hari lagi apabila hari sebelum 289 hari adalah hari Minggu?

4. Lima hari lagi adalah hari Rabu. Hari apa tiga hari yang lalu?

5. Kemarin dulu adalah hari ke sembilan setelah setelah Rabu. Besok hari apa?

6. Kemarin adalah hari Kamis, namun ternyata hari ini adalah hari Jumat yang keesokan harinya ternyata hari Selasa, padahal lusa adalah hari pertama dalam seminggu ini, yaitu Senin yang menurut kalender pasaran Jawa adalah Rabu Kliwon tetapi menurut kalender Maya versi Tzolkin adalah hari ke tujuh dari dua puluh glif kalender yang berlaku sejak masa Pra Kolumbia Amerika Tengah sampai masa kini. Hari apa esok hari menurut hitungan kalender
Masehi yang berlaku pada masa kini?

Bagi yang mau repot berpikir silakan putar otak untuk mencari enam jawaban bagi enam pertanyaan teka-teki hari tersebut di atas.

Sekalian mohon enam teka-teki diperiksa kembali oleh Anda sebab jangan-jangan saya keliru dalam menyusun enam teka-teki yang sebenarnya memang membutuhkan kecerdasan matematikal khusus aljabraikal, padahal saya dungu matematika termasuk aljabar.

Bagi para pengikut setia mashab Gitu Aja Kok Repot-nya Gus Dur, maka tidak mau repot putar otak, silakan langsung simak enam jawaban teka-teki hari di bawah naskah ini sebagai berikut:

1. Sabtu
2. Sabtu
3. Senin
4. Selasa
5. Minggu
6. Tidak tahu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.