Kompas.com - 20/05/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com -Pemerintah berencana memperkenalkan sistem pembayaran tanpa sentuh multi lane free flow (MLFF) pada penghujung tahun ini.

MLFF akan menggantikan uang elektronik atau biasa dikenal e-toll sebagai alat pembayaran jalan tol.

Meskipun saat ini wacana tersebut masih dalam proses pembahasan, rencananya pada 2023, sistem pembayaran nirsentuh pada gerbang tol ini akan mulai diterapkan secara penuh.

Apa itu MLFF?

Baca juga: Mengenal MLFF, Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh yang Bakal Gantikan E-Toll

MLFF

Dilansir dari laman BPJT, 17 Februari 2021, MLFF adalah transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Pada saat melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol, biasanya pengemudi membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan kemudian melakukan tapping kartu elektronik.

Namun, dengan diterapkannya teknologi transaksi nirsentuh di jalan tol atau MLFF ini, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran.

Nantinya, saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong.

Teknologi yang diterapkan pada MLFF, yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS).

Teknologi itu merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.