Kompas.com - 23/05/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Sebagian orang cenderung memilih pasangan yang mencerminkan diri mereka. Bahkan istilah pasangan adalah cerminan diri kerap diyakini oleh banyak orang.

Salah satu twit yang diposting oleh akun @Va************* di sosial media Twitter juga menyakini hal serupa.

"Dari Maudy Ayunda, kita belajar jodoh adalah cerminan diri sendiri. Jadi untuk semua yang single, ayo kita upgrade diri dan level up!" tulis akun tersebut.

Sebelumnya, aktris tanah air Maudy Ayunda dikabarkan telah melangsungkan pernikahan setelah dirinya mengunggah foto mengenakan kebaya lengkap di akun Instagramnya pada Minggu (22/5/2022).

Kabar tersebut membuat heboh warganet. Mereka menduga bahwa pasangan Maudy Ayunda merupakan lulusan Standford University, kampus yang menjadi tempat Maudy menempuh pendidikan S2-nya.

Dugaan tersebut semakin kuat ketika warganet menemukan akun LinkedIn laki-laki yang diduga sebagai suami pelantun lagu 'Perahu Kertas' itu. Dalam Linkedin tersebut, tertulis bahwa ia merupakan lulusan MBA Standford University, jurusan yang sama dengan Maudy Ayunda.

Lantas, benarkah seseorang cenderung memilih pasangan yang mencerminkan diri mereka?

Baca juga: Inilah Alasan Kita Memilih Pasangan yang Mirip Mantan, Kata Ahli

Penjelasan psikolog

Psikolog sekaligus dosen di UNISA Yogyakarta Ratna Yunita Setiyani mengatakan, pemilihan pasangan sesuai dengan cerimanan diri perlu ditinjau secara lebih mendalam.

Namun, hal tersebut bisa saja terjadi lantaran karakteristik manusia yang dinamis sehingga dapat menyesuaikan diri dengan pasangan mereka.

"Karena manusia ini unik dan terus berkembang, maka bisa berarti pada sisi atau sudut tertentu iya," terangnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Sumber TIME,PsyPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.