Kompas.com - 23/05/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja saat ini sudah mencapai gelombang 30, yang sudah dibuka pendaftarannya sejak Sabtu (21/5/2022).

Selama periode ini, beberapa warganet mengaku tidak pernah lolos Prakerja, bahkan ada pula yang mengaku akun Prakerjanya diblokir oleh pihak penyelenggara Kartu Prakerja.

"Siapaa yang disini akun prakerjanya di blokir? Hayoo tunjuk tangan.. udh capek2 kirim data verifikasi, eh hasilnya.. Akun ada gagal terverifikasi dan di blokir," tulis salah satu warganet.

"Dari gelombang 7 sampai sekarang enggak pernah lolos2 padahal padahal bukan penerima bantuan BLT, kuliah juga udah selesai," tulis warganet lainnya.

Lalu, apa saja penyebab peserta tidak lolos hingga diblokir oleh pihak penyelenggara Kartu Prakerja?

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Berikut Cara Daftar dan Syaratnya

Penyebab tidak lolos Prakerja

Dilansir dari Kompas.com (28/8/2021), ada lima penyebab peserta tidak lolos seleksi Kartu Prakerja.

1. Kesalahan NIK

Saat mengisi data pribadi di form pendaftaran Kartu Prakerja, peserta harus benar-benar teliti. Yang banyak tidak disadari adalah kesalahan ketika mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Jika ada kesalahan atau salah ketik pada pengisian NIK, hal tersebut dapat menyebabkan data tidak bisa terverifikasi oleh sistem.

Selain itu, pastikan juga data diri yang Anda isikan sudah sesuai dengan data di Kartu Keluarga (KK).

Jika masih ditemukan ketidaksesuaian, pendaftar bisa menghubungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) di Call Center Dukcapil 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 30 Sudah Dibuka, Silakan Daftar di Dashboard.prakerja.go.id/daftar

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.