Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masker yang Tepat untuk Anak di Tengah Ancaman Omicron

Kompas.com - 30/01/2022, 15:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Masker untuk anak harus makin diperhatikan mengingat kemampuan penyebaran varian Omicron yang jauh lebih cepat daripada varian Covid-19 sebelumnya.

Di varian Delta dan varian Covid-19 pertama, golongan anak-anak adalah golongan yang cukup aman. Jika terinfeksi Covid-19, golongan anak-anak ini jarang menampakkan gejala yang serius. 

Namun di varian Omicron ini, angka pasien anak-anak jauh lebih banyak daripada di varian sebelumnya. 

Bahkan dikutip dari Scientific American, Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat atau CDC, menyatakan bahwa sekitar 881 anak-anak di bawah usia 17 tahun harus dirawat di rumah sakit setiap harinya karena terpapar Omicron.

Sedangkan angka anak-anak usia di bawah 5 tahun yang terkena Omicron juga meningkat dari waktu ke waktu. Usia di bawah 5 tahun adalah usia yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 sama sekali.

Ilmuwan meyakini pertambahan pasien anak-anak ini didasari banyak faktor. Mulai dari karakteristik alami Omicron yang memang mudah menyebar, ditambah dengan usia yang memang belum bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga: Untuk Menghadapi Omicron, Hindari Emosi yang Bisa Menurunkan Sistem Imun

Cara mengenakan masker untuk anak menurut CDC

Langkah pertama melindungi anak-anak dari varian Omicron tentu saja dengan memberinya vaksin sesuai dosis yang tepat.

Anak-anak yang sudah mendapatkan vaksin ini bisa bepergian untuk keperluan sekolah atau keperluan lain asal menggunakan masker yang tepat.

Ilustrasi masker anakshutterstock Ilustrasi masker anak
CDC menekankan bahwa anak-anak harus terus mengenakan masker jika keluar dari lingkungan rumah, meskipun anak sudah mendapatkan dosis lengkap vaksin Covid-19.

Melansir dari CNET, CDC juga menyarankan agar anak-anak tak membuka maskernya selama berkegiatan indoor di luar lingkungan rumah, seperti misalnya di ruang-ruang kelas.

Masker yang tepat untuk anak adalah masker yang ukurannya presisi di wajah anak sehingga bisa menutup bagian hidung dan mulut secara rapat tanpa membuat anak susah bernapas.

Jika ada kelonggaran sedikit saja yang menimbulkan celah antara masker dan mulut, maka droplet tetap bisa masuk.

Untuk anak usia di bawah 5 tahun yang belum mendapatkan vaksin, CDC menyarankan agar mobilitas anak di luar rumah dikurangi atau diminimalkan. 

Jika harus berada di luar lingkungan rumah, selalu kenakan masker pada anak meski itu di ruangan indoor dan di wilayah yang tidak rentan penularan Omicron.

Baca juga: Benarkah Mata Gatal adalah Salah Satu Gejala Omicron? Ini Kata Ahli

Masker yang tepat untuk anak

Untuk memilih masker yang tepat untuk anak, ikuti petunjuk di bawah ini:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com