Benarkah Mata Gatal adalah Salah Satu Gejala Omicron? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 25/01/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Varian Covid-19 terbaru, yaitu Omicron, baru melesat pada akhir 2021. Bahkan, WHO baru menyatakan bahwa Omicron adalah varian baru yang patut diwaspadai pada November 2021.

Karena hal inilah, penelitian soal varian Omicron masih terlalu "muda". Belum bisa dipastikan gejala apa yang menjadi barometer pasti dari Omicron.

Dilansir dari Prevention, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan beberapa gejala umum dari Omicron.

Gejala tersebut antara lain adalah batuk, fatigue atau kelelahan, penyumbatan saluran napas, dan hidung yang berair.

Gejala Omicron hampir mirip dengan flu, berbeda dengan varian sebelumnya yaitu Delta yang bergejala lebih kompleks seperti demam, batuk, kesulitan bernapas, nyeri otot, sakit kepala, kehilangan kemampuan mencium aroma, nyeri tenggorokan, hidung yang berair, mual, dan diare.

Selain gejala di atas, ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa pasien Omicron juga mengeluhkan gejala mata gatal dan berair.

Baca juga: Lebih Menular dari Delta, Benarkah Semua Orang Akan Terinfeksi Omicron? Ini Kata WHO

Apakah mata gatal adalah gejala Omicron?

Beberapa studi yang dilakukan menyatakan bahwa varian Covid-19 sebelum Omicron memang menyebabkan konjungtivitis atau peradangan berupa mata gatal dan merah.

Menurut American Academy of Ophthalmology, kongjungtivitis bisa diikuti dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan yang terganggu.

Ilustrasi varian Omicron SHUTTERSTOCK/Naeblys Ilustrasi varian Omicron
Karena penelitian-penelitian itulah, para ahli menyatakan bahwa konjungtivitis atau mata gatal juga bisa muncul pada varian Omicron.

"Beberapa virus yang menyerang saluran pernapasan memang bisa mempengaruhi area mata," begitu papar ahli penyakit menular dari Johns Hopkins Center, Amesh A. Adalja, M.D.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.