Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Marketing Pamer

Kompas.com - 29/01/2022, 08:00 WIB
Ilustrasi kaya SHUTTERSTOCKIlustrasi kaya
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Meike Kurniawati

BELAKANGAN ini jamak melihat orang, siapa pun itu, yang memamerkan harta/barang-barang mewah.

Mereka memamerkan apa saja mulai dari perjalanan keluar negeri, pamer saldo ATM, tumpukan uang, fashion mahal, private jet, dan sederet barang lainnya.

Belakangan muncul sebutan crazy rich, Sultan.

Perilaku pamer yang dulunya dianggap tabu, tidak boleh, tidak pantas, kini menjadi hal yang biasa.

Pakar bisnis Reynald Kasali menyebut fenomena ini sebagai flexing (pamer).

Pada 1899 ekonom Thorstein Veblen, dalam bukunya, The Theory of the Leisure Class, melahirkan istilah 'conspicuous consumption' konsumsi yang mencolok, konsumsi yang sengaja ditunjukkan pada orang lain.

Istilah untuk menggambarkan bagaimana benda atau barang dipamerkan untuk menunjukkan status dan posisi sosial seseorang.

Pamer/Flexing/Conspicuous consumption dilakukan untuk berbagai tujuan, menunjukkan status dan posisi sosial, menunjukkan kemampuan, menciptakan kesan pada orang lain.

Bahkan menurut Reynald Kasali juga banyak digunakan sebagai strategi pemasaran.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.