Kompas.com - 24/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kulit kering justru lebih sering terjadi ketika datang musim hujan yang basah.

Hujan memang bisa mengendalikan hawa panas. Namun, hujan juga bisa mengundang kelembapan yang bisa memicu gangguan pada kulit.

Naiknya kelembapan pada lingkungan karena curah hujan bisa mengundang jerawat, ruam, kulit bersisik dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana caranya merawat kulit di sela-sela musim hujan? Melansir dari Healthshots, kita harus lebih jeli merawat kulit dan mengatur waktu mandi di tengah-tengah musim hujan.

Berikut ini langkah-langkah merawat kulit kering di musim hujan:

Baca juga: Prediksi BMKG soal Kapan Puncak dan Akhir Musim Hujan

1. Jangan lupakan sunscreen

Cuaca mendung bukan berarti kulit tak perlu dilindungi sunscreen. Karena meski mendung, sinar ultraviolet matahari tetap bisa menembus awan dan mencederai kulit kita.

Jadi selalu aplikasikan sunscreen 20 menit sebelum Anda beraktivitas di luar rumah. Pilih sunscreen yang berbentuk gel, yang mudah terserap kulit.

2. Basuh dan cuci wajah rutin setiap hari

Cuci wajah dengan rutin di musim penghujan, karena kelembaban tinggi bisa memicu kuman berkembang biak lebih banyak di permukaan kulit.PEXELS/RON LACH Cuci wajah dengan rutin di musim penghujan, karena kelembaban tinggi bisa memicu kuman berkembang biak lebih banyak di permukaan kulit.
Cuaca yang dingin dan lembap juga bukan lantas tak ada debu yang menempel pada wajah. Justru cuaca yang basah karena hujan bisa membuat debu, sel kulit mati dan minyak menempel lebih banyak di wajah karena didukung suhu yang lembap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.