Kompas.com - 24/01/2022, 11:00 WIB
Salah satu tanda kekurangan vitamin B12 adalah anemia yang bergejala lesu dan mudah lelah. Unsplash/Abbie BernetSalah satu tanda kekurangan vitamin B12 adalah anemia yang bergejala lesu dan mudah lelah.

KOMPAS.com - Vitamin B12 jarang terpikirkan oleh kita, padahal vitamin ini vital dalam menunjang proses replikasi DNA, pembentukan sel darah merah, perkembangan saraf, dan kinerja sistem saraf pusat.

Tubuh sendiri tak bisa memproduksi vitamin B12. Sehingga kita harus mendapatkannya dari bahan makanan hewani atau melalui konsumsi suplemen.

Bahan makanan hewani ini bisa berupa telur, ikan, daging merah, dan daging ayam atau daging bebek.

Takaran harian vitamin B12 tergantung dari usia dan kondisi tubuh. Melansir dari Web MD, para dewasa dengan tubuh sehat tanpa penyakit kronis, rata-rata membutuhkan 2,4 mcg vitamin B12 per hari.

Baca juga: Cara Benar Mengonsumsi Buah agar Vitamin Bisa Terserap Maksimal

Tanda-tanda kekurangan vitamin B12

Tentu saja kita tak bisa secara teliti mencermati jumlah vitamin B12 yang masuk ke dalam tubuh kita setiap harinya.

Yang bisa kita lakukan adalah terus menerapkan pola diet seimbang, dan waspada terhadap sinyal-sinyal tubuh yang bisa menandakan bahwa kita kekurangan vitamin B12.

Atau, jika kita ingin tahu level vitamin B12 dalam tubuh, kita bisa melakukan tes darah di laboratorium.

Ilustrasi vitamin B123D_generator Ilustrasi vitamin B12
Tubuh sendiri semakin tua akan semakin kesulitan dalam menyerap vitamin. Kesulitan dalam menyerap vitamin ini juga bisa disebabkan oleh tindakan operasi pengurangan lemak tubuh yang melibatkan pengurangan beberapa bagian dari perut kita.

Selain itu, kita bisa berisiko kekurangan vitamin B12 jika kita menderita atropic gastritis atau penipisan lapisan perut, anemia pernisiosa, celiac disease, kecanduan alkohol, dan gangguan sistem imun.

Baca juga: Mudah Jatuh Sakit? Jangan-jangan Tubuh Anda Kekurangan Protein

Lantas apa saja tanda jika tubuh kita kekurangan vitamin B12? Jika kita kekurangan vitamin B12, kita biasanya akan terdera anemia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.