Kompas.com - 23/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Saat ruangan gelap dan Anda sedang meraba-raba mencari lampu, secara tidak sengaja Anda menginjak ekor kucing.

Itu adalah insiden traumatis bagi Anda maupun kucing tersebut. Apalagi jika kucing itu terluka.

Apa yang harus dilakukan dalam situasi tersebut?

Melansir Animal Path, reaksi biasa kucing ketika dia terluka adalah mengeong keras dan lari atau bersembunyi di bawah tempat tidur atau perabotan.

Beberapa kucing mungkin bereaksi agresif dengan menggigit Anda sebelum melarikan diri.

Jika kucing itu berlari dan bersembunyi dari Anda, cobalah untuk mendekatinya dengan hati-hati dan berbicara padanya dengan suara yang menyenangkan.

Tawarkan dia beberapa camilan untuk membujuknya keluar dari persembunyiannya. Belai dan tepuk dia dengan lembut dan pastikan untuk menenangkannya.

Baca juga: Beberapa Kucing Tak Tertarik Berburu Tikus, Ternyata Ini Sebabnya

1. Pastikan ada cedera atau tidak

Setelah Anda berhasil mendekatinya dan membelainya, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah ada cedera atau luka pada kucing tersebut.

Biarkan dia duduk di tempat tidur atau sofa dan periksa tubuhnya untuk memar atau luka. Angkat kakinya dengan lembut, satu per satu, dan amati apakah dia menangis kesakitan.

Cobalah periksa apakah ada tulang yang patah dan apakah dia enggan duduk. Periksa jari-jari kakinya, lihat di sekitar punggungnya, dan di sepanjang ekornya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.