Kompas.com - 23/01/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Lidah merupakan indera pengecap yang memiliki banyak fungsi penting, seperti untuk proses makan, berbicara, dan menelan.

Makanan tidak akan sama tanpa peran lidah. Namun, tahukan Anda bahwa masih banyak fakta lain yang banyak tak diketahui tentang lidah?

Berikut fakta-fakta menarik seputar lidah:

1. Panjang rata-rata 7,6 sentimeter

Melansir On Health, rata-rata panjang lidah pria dewasa adalah 8,5 sentimeter dan 7,9 sentimeter untuk rata-rata lidah wanita dewasa. 

Ini diukur dari epiglotis (sebuah lipatan tulang rawan di mulut di bagian belakang lidah) hingga ke ujung lidah.

Menurut Guinness World Records, gelar lidah terpanjang di dunia saat ini dimiliki oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Nick Stoeberl, yang memiliki lidah sepanjang 10,1 sentimeter.

Baca juga: 11 Fakta Unik Seputar Otak Manusia

2. Memiliki 2.000-4.000 perasa

Rata-rata lidah orang dewasa memiliki total antara 2.000 hingga 4.000 perasa. Sebab, sel-sel sensorik di indera pengecap memperbarui diri setiap minggu.

3. Manusia tak bisa melihat perasanya

Indera pengecap tidak terlihat oleh mata manusia. Benjolan kecil berwarna merah muda dan putih yang Anda lihat di lidah sebenarnya disebut papila atau tonjolan seperti rambut yang terletak di atasnya.

Masing-masing memiliki rata-rata enam kuncup pengecap yang terkubur di dalam jaringan permukaannya.

Sebagian besar perasa tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Apa yang Anda lihat yang tampak sebagai kuncup pengecap adalah papila pengecap, yaitu kuncup kecil yang mengandung sel saraf sensorik yang bertanggung jawab atas indera pengecap.

Baca juga: 7 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui tentang Kulit Manusia

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.