Kompas.com - 16/01/2022, 15:00 WIB
Wilayah Jepang yang dilanda tsunami dampak letusan gunung di Tonga, di Samudera Pasifik japan timesWilayah Jepang yang dilanda tsunami dampak letusan gunung di Tonga, di Samudera Pasifik

KOMPAS.com - Jepang mencabut peringatan tsunami untuk prefektur Iwate dan semua peringatan untuk daerah di sepanjang pantai Pasifik, lapor penyiar kantor berita NHK Jepang, Minggu (16/1/2022).

Dikutip dari Bloomberg, Jepang sebelumnya mengeluarkan pemberitahuan tsunami menyusul letusan gunung berapi bawah laut di Tonga.

Letusan itu mengakibatkan gelombang setinggi 3 meter dan gelombang setinggi 1,1 meter diamati di prefektur Iwate, kata NHK.

Meskipun mungkin ada perubahan lebih lanjut dalam pasang surut dan ketinggian gelombang, pihak berwenang tidak lagi khawatir tentang kemungkinan kerusakan, NHK mengutip Badan Meteorologi Jepang mengatakan.

Teluk Tokyo, Teluk Osaka, dan laut pedalaman Seto tidak termasuk dalam peringatan tsunami.

Baca juga: Jepang Diterjang Tsunami, 210.000 Warga Diminta Jauhi Pantai

Belasan kapal terbalik

Sebagai langkah antisipasi tsunami sebelumnya layanan kereta api telah dihentikan di beberapa daerah di sepanjang pantai dan perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk lebih dari 200.000 penduduk, menurut laporan setempat.

Sementara itu beberapa kapal terbalik atau rusak di Prefektur Kochi dan Tokushima, Kyodo News melaporkan.

Tidak ada cedera serius atau kerusakan yang dilaporkan, Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana melaporkan pada pukul 14.00 waktu setempat, Minggu.

Dikutip dari Japan Times, sebanyak 14 kapal terbalik, tenggelam atau hanyut di Prefektur Kochi, dan 5 kapal terbalik di Prefektur Tokushima, sementara tidak ada korban yang dilaporkan.

Selain itu, Japan Airlines juga membatalkan 27 penerbangan di bandara di seluruh negeri.

Baca juga: Penyebab Tsunami Tonga dan Sejumlah Negara yang Mengalami

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.