Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyeduh Teh dengan Air Dingin? Begini Cara dan Manfaatnya

Kompas.com - 06/01/2022, 10:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Teh seperti kopi, seringnya diseduh menggunakan air panas agar daun dan ranting teh bisa terekstrasi dengan sempurna.

Padahal untuk menikmati teh, Anda tak harus menyeduhnya menggunakan air panas. Anda bisa mendapatkan segelas teh dingin yang diseduh menggunakan air es.

Melansir dari Nation's Restaurant News, menyeduh teh menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat. Selain manfaat soal rasa, juga manfaat dalam kesehatan.

Apakah air dingin bisa mengekstrasi sari-sari daun teh? Ternyata bisa, asal Anda tahu caranya.

Baca juga: Benarkah Kebiasaan Menyesap Teh Terlalu Panas Bisa Memicu Kanker?

Manfaat menyeduh teh dengan air dingin

Teh juga mengandung kafein, sama seperti kopi. Ketika teh diseduh menggunakan air dingin, konsentrasi kafein dalam larutan teh tak akan setinggi teh yang diseduh menggunakan air panas.

Teh yang diseduh menggunakan air dingin memiliki konsentrasi kafein lebih rendah daripada teh yang diseduh menggunakan air panas.Unsplash/Louis Hansel Teh yang diseduh menggunakan air dingin memiliki konsentrasi kafein lebih rendah daripada teh yang diseduh menggunakan air panas.
Hal ini tentu saja mendatangkan manfaat kesehatan, terutama bagi Anda yang mengalami gangguan kesehatan seperti insomnia, asam lambung, dan tekanan darah tinggi.

Menyeduh teh menggunakan air dingin bisa mengekstrasi daun teh dengan pelan-pelan dan dalam jangka waktu lama.

Hasilnya? Teh yang ada akan memiliki citarasa lebih lembut, tidak terlalu pahit, dan memiliki aroma teh yang lebih terasa.

Menyeduh teh menggunakan air dingin juga lebih bisa menguatkan senyawa antioksidan di dalam teh. Yang tentu saja, membuat teh menjadi jauh lebih sehat dan bernutrisi.

Baca juga: Ini Manfaat Mencampur Susu ke Dalam Teh

Cara menyeduh teh menggunakan air dingin

Tak semua teh cocok diseduh menggunakan air dingin. Jadi Anda harus memilih jenis teh dengan spesifik ketika akan membuat segelas es teh menggunakan air dingin.

Teh hitam, teh hijau dan teh oolong adalah jenis teh yang cocok diseduh menggunakan air dingin.PIXABAY/MIRKO STODTER Teh hitam, teh hijau dan teh oolong adalah jenis teh yang cocok diseduh menggunakan air dingin.
Mengutip dari artikel Cold Brew Tea's Time has Come yang ditulis Lin Zhen, teh yang cocok diseduh menggunakan air dingin adalah teh hitam, teh hijau, teh herbal, teh putih, dan teh oolong.

Seperti dikutip dari Lifehacker, untuk menyeduh teh menggunakan air dingin, caranya cukup mudah. Gunakan teko kaca, masukkan beberapa kantong teh, dan beri air dingin atau air es. 

Perbandingan teh dan air adalah 1 kantong teh untuk empat gelas air. Jadi sesuaikan jumlah kantong teh dengan kapasitas teko.

Setelah terisi air, tutup teko dengan rapat dan simpan di dalam lemari es semalaman. Biarkan daun teh terendam air dingin selama 8 hingga 10 jam.

Cara kedua, adalah metode pembuatan sun tea, yaitu teh yang dibuat dengan cara mengekstrasinya di bawah sinar matahari.

Caranya, masukkan kantong teh dan seduh dengan air dingin. Letakkan teko di bawah sinar matahari selama beberapa jam sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Sinar matahari bisa memaksimalkan proses ekstraksi daun teh yang ada. Sehingga teh menjadi lebih harum dengan citarasa lebih terasa.

Penyeduhan teh menggunakan air dingin dinamakan slow brewed tea, karena memang untuk mengekstraksi daun teh menggunakan air dingin membutuhkan waktu sangat panjang hingga mendekati 10 jam lamanya.

Baca juga: Ada Efek Sampingnya, Ini 7 Tanda Anda Kebanyakan Teh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com